Pendidikan & Kesehatan

Vaksinasi Covid-19, Dinkes Jombang Sasar 4385 Ibu Hamil

Bupati Jombang Mundjidah Wahab menyaksikan salah satu ibu hamil yang divaksin, Selasa (31/8/2021)

Jombang (beritajatim.com) – Pemkab Jombang mulai mencanangkankan vaksinasi Covid-19 untuk ibu hamil (bumil). Mereka akan dilayani 34 puskesmas yang tersebar di Kabupaten Jombang. Demikian ditegaskan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) drg. Budi Nugroho, Rabu (1/9/2021).

“Vaksinasi untuk ibu hamil sudah kita mulai kemarin. Selanjutnya, sebanyak 34 puskesmas siap memberikan layanan vaksinasi. Puluhan puskesmas itu tersebar di 21 kecamatan. Jadi masing-masing ibu hamil bisa melakukan vaksinasi di puskesmas terdekat,” ujar Budi.

Mantan Kepala Bappeda (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah) Jombang ini menjelaskan, vaksinasi Covid-19 ini ditujukan bagi para ibu hamil dalam usia kandungan minggu ke-13 hingga 9 bulan. Untuk jenisnya, menggunakan vaksin Moderna karena dianggap memiliki efikasi paling tinggi dibanding jenis vaksin lainnya.

Sementara itu, pencanangan dimulainya vaksinasi ibu hamil dilakukan Puskesmas Mayangan, Kecamatan Jogoroto, pada Selasa (31/8/2021). Selain Kepala Dinkes Jombang, acara tersebut juga dihadiri Bupati Jombang Mundjidah Wahab bersama Kapolres Jombang AKBP Agung Setyo Nugroho, Dandim 0814 Letkol Inf Triyono.

Bupati Jombang mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas seluruh partisipan dan stakeholder terkait dalam upayanya mengatasi penyebaran rantai Covid-19 ini. Dua berharap, vaksinasi tersebut menjadi upaya agar ibu hamil dan calon bayi tetap sehat meski dalam situasi pandemi.

Acara ini secara serentak juga diikuti secara virtual oleh seluruh Forkopimcam (Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan) danpPuskesmas se-Kabupaten Jombang. “Ibu hamil tidak usah takut vaksin. Karena ini semua adalah upaya pemerintah untuk bisa menjaga dan memutus rantai penyebaran virus Covid-19,” ujar Mundjidah.

Imbauan untuk masyarakat itu semakin klop, karena dalam forum tersebut juga menghadirkan dr Iwan Priyono Sp.Og selaku Dokter spesialis kandungan dan dr. Ahmad Mahfur Sp.A , dokter spesialis anak. Mereka memaparkan secara panjang lebar tentang informasi lebih lanjut terkait vaksinasi bagi ibu hamil.

Menurut dr Iwan, ibu hamil lebih rentan dan sensitif terhadap infeksi/penyakit. Oleh karena itu, jika terpapar Covid-19, ditakutkan bisa terjadi gejala-gejala yang lebih berat. Vaksinasi, lanjutnya, merupakan upaya untuk meminimalisir dan menjaga kesehatan ibu hamil dan calon anaknya.

Sedangkan dr Ahmad menandaskan bahwa vaksinasi tersebut aman untuk ibu hamil. “Tidak akan menyebabkan kelainan bawaan, tidak akan menyebabkan keguguran. Terpenting lagi, bayi tidak terinfeksi Covid-19 ketika lahir,” pungkas dokter spesialis anak ini. [suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar