Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun Belum Bisa Dilakukan di Ponorogo, Ini Penyebabnya

Kabid Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit Dinkes Ponorogo Heni Lestari (foto/Endra Dwiono)

Ponorogo (beritajatim.com) – Pelaksanaan vaksinasi covid-19 anak usia 6 sampai 10 tahun di Ponorogo masih jauh panggang dari api. Dalam waktu dekat ini, vaksinasi anak tersebut belum akan dilakukan di bumi reyog.

Hal itu dikarenakan terbentur oleh aturan yang dipersyaratkan dari pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Dimana yang melakukan vaksinasi anak usia 6-11 tahun adalah kabupaten atau kota yang capaian vaksinasi sudah mencapai 70 persen, dengan capaian vaksinasi lansia sebanyak 60 persen.

“Memang dari Kemenkes dan Pemerintah Pusat mulai hari ini melakukan vaksinasi anak usia 6-11 tahun. Tercatat ada 115 kabupaten/kota yang melakukannya. 155 kabupaten/kota itu sudah mencapai vaksinasi umum minimal 70 persen dengan lansia sebanyak 60 persen,” kata Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Ponorogo, Heni Lastari, Selasa (14/12/2021).

Sehingga, kabupaten atau kota yang belum mencapai yang dipersyaratkan, belum bisa menjalankan vaksinasi anak. Termasuk yang belum bisa ya di Ponorogo. Data terakhir, kata Heni capaian vaksinasi di bumi reyog untuk yang umum masih 60 persen lebih sedikit. Sedangkan untuk capaian vaksinasi lansianya sekitar 38,7 persen.

“Dilihat capaian vaksinasi kita, belum bisa dilakukan vaksinasi untuk anak. Untuk itu semua pihak harus bersinergi dan kompak untuk masif menyelenggarakan vaksinasi,” ungkapnya.

Heni menambahkan, nantinya anak usia 6-11 tahun itu direkomendasikan untuk mendapatkan vaksin Sinovac atau biofarma. Disuntikan 0,5 mililiter sebanyak 2 kali dosis. Dengan interval 28 hari, dengan tangan yang disuntik adalah lengan sebelah kiri

“Nanti vaksinasi anak bisa dilakukan di Puskesmas, rumah sakit atau pelayanan-pelayanan kesehatan lain, klinik bahkan sekolah atau lembaga berbasis kesejahteraan sosial anak,” pungkasnya. (end/ted)


Apa Reaksi Anda?

Komentar