Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

Vaksinasi Anak-anak di Ponorogo Bakal Dimulai Minggu Ini

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Ponorogo Heni Lastari(Foto/Endra Dwiono)

Ponorogo (beritajatim.com) – Di daerah eks Karesidenan Madiun, mungkin hanya Ponorogo saja yang belum melaksanakan vaksinasi anak umur 6-11 tahun. Hal itu dikarenakan cakupan vaksinasi untuk lansia belum mencapai 60 persen dan untuk keseluruhan juga belum menyentuh 70 persen. Selain itu Ponorogo juga masih di PPKM level 2 berdasarkan Inmendagri yang keluar pada Senin (3/1) malam.

“Hari ini Inmendagri keluar, Ponorogo masuk PPKM level 2,” kata Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Ponorogo, Heni Lastari, Selasa (4/1/2022) siang.

Meskipun begitu, Heni menyebut jika vaksinasi untuk anak bisa dilakukan dalam minggu ini. Sebab, update perkembangan vaksinasi lansia terakhir di Ponorogo nyaris menyentuh angka 60 persen. Yakni diangka 69,17 persen, sedangkan untuk vaksinasi keseluruhan sudah 72 persen lebih.

“Hanya kurang sedikit sebenarnya bisa PPKM level 1, kemarin ada jeda libur 2 hari itu. Sehinga Inmendagri keluar masih PPKM level 2” ungkap dokter gigi tersebut.

Sehingga untuk melakukan vaksinasi terhadap anak usia 6-11 tahun tidak harus menunggu Inmendagri merubah status Ponorogo di level 1, jika update vaksinasi harian sudah memenuhi, maka sudah langsung bisa dilakukan vaksinasi. Dari hasil vaksinasi yang dilakukan hari ini, Heni optimis jika nanti sore, capaian vaksinasi lansia sudah 60 persen.

“Besok insyaallah juga sudah boleh melakukan vaksinasi anak, sebab nanti sore saja insyaallah vaksinasi lansia sudah 60 persen,” katanya.

Vaksinasi anak untuk Ponorogo, sesuai data yang diberikan Dinas Kesehatan (Dinkes) Jawa Timur nantinya akan ada 71 ribu anak di Ponorogo yang akan divaksin. Namun, untuk melakukan vaksinasi anak ini, Dinkes Ponorogo juga terkendala oleh stok vaksin Sinovac yang menipis. Sementara untuk anak-anak jenis vaksin yang diperbolehkan saat ini Sinovac tersebut.

“Kami juga sudah berkoordinasi dengan Dinkes Jatim terkait vaksinasi untun anak di Ponorogo. Untuk segera mengirimkan vaksin Sinovac,” pungkasnya. [end/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar