Pendidikan & Kesehatan

Vaksin Tiba di Ponorogo, Ini Jadwal Vaksinasinya

Ponorogo (beritajatim.com) – Vaksin Sinovac datang sehari lebih cepat dari perkiraan sebelumnya. Kendaraan khusus untuk membawa vaksin tersebut, sudah tiba di gudang penyimpanan vaksin Dinas Kesehatan (Dinkes) Ponorogo menjelang magrib hari ini (26/1). Artinya, sehari lebih cepat dari perkiraan Sekda Agus Pramono yang datang pada hari Rabu (27/1).

Perjalanan dari tempat penyimpanan Dinkes Provinsi Jawa Timur ke Kabupaten Ponorogo dikawal ketat oleh kendaraan lapis baja milik Korps Brimob Polda Jatim.

“Hari ini kami terima vaksin Sinovac dari Dinkes Provinsi Jatim,” kata Kepala Dinkes Ponorogo drg. Rahayu Kusdarini, Selasa (26/1/2021) sore.

Irin sapaan karib Rahayu Kusdarini menyebut bahwa vaksin yang datang pada hari ini sebanyak 3.200 dosis. Sementara jumlah nakes yang tercatat di pusat sebanyak 3.850 nakes. Jumlah tersebut ditambah dengan 10 tokoh di bumi reyog. Sehingga vaksinasi pada tahap pertama ini ada 3.860 orang.

“Pengiriman vaksin ini bertahap, kekurangan pada suntikan pertama ini akan segera dikirim lagi,” katanya.

Dinkes Ponorogo mulai menjadwalkan vaksinasi di bumi reyog. Rencananya, pencanangan vaksinasi akan dilakukan hari Rabu (27/1) besok di Pendopo Pemkab Ponorogo. Agendanya 10 tokoh ditambah 4 orang dari perwakilan organisasi nakes yang pertama melakukan vaksinasi. Sesuai arahan dari Kemenkes RI, Irin menyebut jika suntikan vaksin pertama bisa tuntas pada bulan Januari ini. Untuk itu, Dinkes Ponorogo akan memanfaatkan sisa hari yang ada, untuk menyelesaikan vaksinasi terhadap nakes yang sudah terdaftar.

“Besok pagi pencanangan vaksinasi di Pendopo, siangnya semua nakes di kantor Dinkes dan sorenya vaksin didistribusikan ke 41 fasyankes,” katanya.

Sehingga 4 hari tersisa ini, diharapkan pihaknya bisa menyelesaikan vaksinasi terhadap nakes yang tersebar di 41 fasyankes yang dituju tersebut. Nanti, setelah merampungkan penyuntikan vaksin yang pertama, selang 14 hari kemudian para nakes ini akan disuntik vaksin untuk yang kedua.

“Jadi tahap pertama ini tercatat 3.860 orang, dikalikan 2 dosis. Sehingga dalam 2 minggu ke depan akan menerima 7.720 dosis vaksin Sinovac,” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, vaksinasi di Ponorogo bakal dilakukan dalam minggu ini. Menyusul informasi bahwa kedatangan vaksin ke bumi reyog pada Rabu (27/1) lusa. Hal tersebut diungkapkan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Ponorogo Agus Pramono.

“Insyaallah rabu ini vaksin datang. Hari ini akan kami rapatkan dengan satgas vaksin untuk mekanismenya,” kata Agus kepada awak media, Senin (25/1/2021). [end/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar