Pendidikan & Kesehatan

Vaksin Moderna untuk Nakes dan Sinopharm untuk Difabel Tersedia Pekan Depan di Jatim

Khofifah (kiri) dan Ketua Kauje Sarmuji

Jember (beritajatim.com) – Gubernur Khofifah Indar Parawansa mengatakan, pekan depan vaksin Moderna dan Sinopharm tersedia di Jawa Timur pekan depan. Pemerintah Provinsi Jawa Timur bekerja keras agar kekebalan kelompok (herd immunity) bisa segera tercapai.

Vaksin Moderna diperuntukkan tenaga kesehatan dan Sinopharm diperuntukkan kaum difabel. “Jadi mungkin sekarang sudah mulai disampaikan kepada asosiasi difabel di Jember dan sekitarnya. Mungkin, Kamis, Jumat, Sabtu depan ini posisi vaksinnya ada,” kata Khofifah, usai meninjau vaksinasi masal terhadap lima ribu warga yang digelar Keluarga Alumni Universitas Jember (Kauje) di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Sabtu (31/7/2021).

Khofifah datang ke Unej untuk memastokan proses akselerasi vaksinasi bisa dilakukan. “Pada dasarnya pemerintah kabupaten bersama tim fasilitas layanan kesehatan di masing-masing kota sudah melaksanakan. Tapi bahwa luasnya wilayah di Jember, banyaknya warga yang membutukan vaksinasi di Jember, maka elemen-elemen strategiis yang memiliki sumber daya manusia kesehatan cukup siginfikan jadi bagian yang kita perseiringkan,” katanya.

Menurut Khofifah, Pemprov Jatim,. Universitas Jember, dan Kauje berjalan beriringan. “Kita berharap[ semua bisa memberikan percepatan pelayanan vaksinasi terutama di Jember dan sekitarnya. Kita harapkana ini berseiring dengan upaya percepatan mewujudkan herd immunity,” katanya.

Khofifah memastikan vaksin yang digunakan di Unej tidak mengganggu kuota Pemkab Jember. “Maka kami menyebut ini program akselerasi,” katanya, didampingi Wakil Bupati Muhammad Balya Firjaun Barlaman dan Ketua Kauje Sarmuji.

Rektor Universitas Jember Iwan Taruna berterima kasih atas pasokan vaksin tersebut. “Unej sudah mengadakan program vaksinasi dengan kapasitas 500 orang per hari. Bukan hanya warga, tapi juga di luar warga Unej. Sudah 7.600 yang kami vaksin dan yang antre sudah 10 ribu,” katanya. [wir/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar