Pendidikan & Kesehatan

Vaksin Booster Moderna Diberikan ke Nakes Surabaya Minggu Ini

Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya

Surabaya (beritajatim.com)  – Setelah menunggu kedatangan vaksin Moderna, kini Tenaga kesehatan (Nakes) di Kota Surabaya mulai menjalani vaksinasi COVID-19 dosis ketiga. Mereka disuntik vaksin Moderna dari Amerika Serikat dalam minggu ini.

Eri Cahyadi menyampaikan jika tidak semua tenaga kesehatan di Surabaya akan menerima suntikan vaksin ketiga di minggu ini. Akan ada beberapa kali dan tahap untuk pemberian suntikan dalam arti ini dilakukan secara bertahap.

Selain itu, pihaknya juga mengontrol bagaimana reaksi para tenaga kesehatan setelah mendapatkan suntikan vaksin ketiga. Apakah akan ada keluhan KIPI usai divaksin Moderna. Oleh karena itu tidak langsung dilakukan secara serentak.

“Vaksin nakes sudah kita lakukan untuk Moderna. Ada beberapa,  tidak langsung. Karena KIPI-nya kita lihat,” kata Eri, Rabu (4/8/2021).

Ia menjelaskan, jika nakes yang usai disuntik menunjukkan efek samping panas pada tubuh. Apa bila nakes vaksin Moderna serentak, maka akan banyak yang istirahat.

“Karena rata-rata yang sudah disuntik Moderna ada agak panasnya. Sehingga kalau disuntikkan berbarengan, nakes istirahat kabeh. Sehingga kita bergantian untuk nakesnya,” ungkapnya.

Mantan Kepala Bappeko Surabaya mengatakan, separuh nakes yang divaksin terlebih dulu dan dilakukan bertahap. Pemkot juga perlu melihat KIPI nakes usai disuntik vaksin ketiga ini. Untuk jumlah yang sudah imunisasi sekitar 30 lebih nakes.

“Kita melakukannya bertahap, karena kita lihat KIPI-nya seperti apa. Jangan sampai dilakukan semua, dan semuanya drop, ya mandek sak Suroboyo,” ujarnya.

“Sudah 30an lebih, rata-rata dampaknya ada panasnya. Sehingga perlu istirahat,” pungkasnya.[way/ted]



Apa Reaksi Anda?

Komentar