Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

Vaksin Booster di Gresik Sasar 701 Penerima

Gresik (beritajatim.com) – Kick off vaksinasi booster sudah dimulai di Kabupaten Gresik. Vaksinasi yang dilakukan secara serentak itu. Tahap pertama menyasar pada 701 penerima. Yakni, dari unsur TNI, Polri dan tenaga kesehatan (Nakes).

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Gresik, dr Mukhibatul Khusna menuturkan, ada 701 kuota vaksin boster yang disiapkan yang nantinya distribusikan ke sejumlah puskesmas dan fasilitas kesehatan (Faskes).

“Vaksin booster diperuntukkan bagi usia 18 tahun keatas. Sebelum di vaksin booster wajib sudah menjalani vaksin dua kali yang dibuktikan melalui aplikasi Peduli.Lindungi,” tuturnya,” usai kick off vaksin booster di RSUD Ibnu Sina, Rabu (12/01/2022).

Ia menjelaskan sebelum divaksinasi booster. Penerima vaksin ini harus sudah divaksin dua kali lengkap, dan di-screening medis terlebih dulu.

“Kalau sudah dua kali divaksin sinovac. Maka vaksin booster-nya memakai pfizer atau sinovac dua kali lalu vaksin booster-nya pakai astrazeneca. Sementara yang divaksin moderna rekomendasinya belum keluar,” paparnya.

Terkait dengan vaksinasi booster ini, Bupati Fandi Akhmad Yani (Gus Yani) mengatakan, pelaksanaan kegiatan ini mengikuti arahan Presiden Jokowi dan Gubernur Jawa Timur. Dimana, mulai hari ini kick off-nya sudah dimulai secara serentak.

“Untuk melayani vaksinasi ini, kami juga menyediakan 30 puskesmas yang tersebar di Kabupaten Gresik sebagai strategi menghadapi varian baru omicron,” katanya.

Bupati milenial itu menambahkan, saat ini masyarakat Gresik 80 persen sudah divaksinasi tahap pertama. Tahap kedua 78 persen. Sementara lansia 62 persen tahap kedua. Sedangkan tahap kedua 50 persen. Anak-anak baru 35 persen. “Kami berharap seluruh elemen masyarakat mendukung adanya vaksinasi booster ini. Baik itu di tingkat desa maupun kecamatan agar turut mensosialisasikan,” imbuhnya. [dny/kun]


Apa Reaksi Anda?

Komentar