Pendidikan & Kesehatan

Safari Rahmat Ramadan 2019

UTD PMI Pamekasan ‘Jemput Bola’ ke Masjid

Pamekasan (beritajatim.com) – Unit Tranfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Pamekasan, menggelar aksi donor darah ke sejumlah masjid dalam rangkaian program Safari Rahmat Ramadan 1440 Hijriah.

Kegiatan ‘jemput bola’ tersebut dilakukan sebagai upaya untuk mengantisipasi kekurangan stok darah khususnya selama Ramadan tahun ini. Terlebih selama ini kebutuhan kantong darah selama Ramadan, terbilang cukup tinggi dibandingkan bulan lainnya.

“Bersamaan dengan momentum Ramadan 1440 H, kami kembali menggagas program Safari Rahmat Ramadan yang kita gelar sejak 2018. Sekaligus sebagai kegiatan selama Ramadan,” kata Kepala UTD PMI Pamekasan, Achmad Syafirullah, Rabu (8/5/2019) malam.

Diakuinya, selama ini kebutuhan stok darah selama Ramadan cenderung lebih banyak dibandingkan bulan lainnya. Sudah begitu, jumlah pendonor justru berkurang, karena sebagian besar masyarakat masih memiliki asumsi berdonor saat berpuasa kurang baik.

“Maka dari itu, kami sengaja menggelar aksi donor darah pada malam hari. Jadi selain menggelar donor ke sejumlah masjid, kami juga menyiapkan tempat donor di area Monumen Arek Lancor khususnya pasca salat tarawih,” ungkapnya.

Oleh karena itu, pihaknya mengajak seluruh lapisan masyarakat khususnya para relawan atau pendonor agar tidak sungkan melakukan donor, sekalipun berpuasa selama siang hari di bulan Ramadan. “Mari kita berdonor demi membantu sesama dalam aspek kemanusiaan,” ajaknya.

“Apalagi bersamaan dengan momentum Safari Rahmat Ramadan ini, kami juga menyiapkan sembako bagi para pendonor. Baik ketika melakukan donor di masjid maupun di Posko Donor di Arek Lancor,” pungkasnya. [pin/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar