Pendidikan & Kesehatan

UTBK Segera Dilaksanakan, Peserta Cek Lokasi Harus Patuhi Prokes

Foto ilustrasi

Surabaya (beritajatim.com) – Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) akan segera dilaksanakan dan segala persiapan pun dilakukan termasuk memastikan sarana prasana protokol kesehatan. Gelombang pertama pun pada 12/4 mendatang, peserta UTBK pun bisa mulai mengecek lokasi ujian mulai pekan ini.

Ketua Pusat UTBK Universitas Airlangga, Prof Dr Bambang Sektiari Lukiswanto DEA DVM mengungkapkan pengecekan lokasi bisa dilakukan peserta hanya saja dibatasi oleh pihak kampus.

“Boleh masuk tetapi melihat lokasi besarnya, misal dilaksanakan di Acc Ya melihat dari luar tidak bisa masuk ruangan. Karena saat datang petunjuknya sudah jelas nanti. Jadi hanya bisa melihat lokasi besarnya,” urainya, Rabu (7/4/2021).

Hal ini berbeda dengan saat sebelum pandemi, peserta bisa bebas melihat lokasi. Iapun menegaskan, pengecekan lokais ujian bisa dilakukan mulai pekan ini. Karena lokasi ujian sudah tercatat di kartu peserta.

“Hanya saja prokes harus dijalankan dengan wajib masker dan juga pengecekan suhu. Serta dihimbau tidak perlu turun dari kendaraan. Hal ini juga berlaku saat ujian yaitu pengantar tidak perlu turun dari kendaraan,”pungkasnya.

Hal serupa diungkapkan Kasubag Humas UPN Veteran Jawa Timur, Rudijanto. Dikatakannya, peserta bisa datangvke lokasi UTBK di UPN ataupun UINSA dengan mematuhi protokol kesehatan.

“Peserta masuk akan dicek suhu, tidak boleh bergerombol dan lain-lain. Selain itu, di laman Upn dan sosmed kami sudah diberikan informasi denah lokasi UTBK,”ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga masih menunggu rekomendasi resmi dari Wali Kota Surabaya. Dari rekomendasi itu akan diteruskan untuk aturan lebih lanjut dalam kehadiran peserta UTBK.

“Jadi bisa menjadi dasar aturan kami dalam pengecekan on the spot lokasi ujian dan waktu peserta datang saat ujian,” tegasnya.

Selain itu, pihaknya juga menyiakan petugas untuk mengarahkan peserta yang berniat melihat lokasi ujian. [adg/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar