Pendidikan & Kesehatan

Usir Nyamuk, Bunga Rosmarin dan Lavender Banyak Dicari

Mojokerto (beritajatim.com) – Musim penyakit Demam Berdarah (DB) menjadi berkah pedagang bunga hias di bantaran Sungai Brantas, Jalan Brawijaya, Kecamatan Prajuritkulon, Kota Mojokerto.

Masyarakat banyak mencari bunga Rosmarin, Lavender, Zodia untuk mengusir nyamuk serta jambu merah.

Salah satu penjual bunga hias, Rohman (53) mengatakan, sejak sebulan lalu tiga jenis bunga pengusir nyamuk tersebut banyak dicari pembeli.

“Sekitar satu bulan sudah banyak yang beli. Pembeli sehari rata-rata 5 sampai 7 pembeli,” ungkapnya, Kamis (31/1/2019).

Padahal, lanjut warga Kelurahan Surodinawan, Kecamatan Prajuritkulon, Kota Mojokerto ini, hari biasanya hanya satu sampai tiga pembeli.

Ibu-ibu PKK, sekolah dan siswa yang banyak mencari ketiga jenis bunga tersebut. Rohman menjelaskan, para siswa banyak yang beli untuk dibawa ke sekolah.

“Yang paling banyak permintaan, jenis Rosmarin dan yang kedua Lavender. Untuk Zodia, hanya orang-orang tertentu saja yang beli. Biasanya di taruh di pojok ruangan, satu minggu sekali harus dibawa keluar untuk mendapatkan sinar matahari. Ya ditaruh saja, begitu,” katanya.

Masyarakat percaya dengan membeli tiga jenis bunga tersebut bisa mengusir nyamuk sehingga banyak dicari saat musim penghujan atau saat penyakit DB menyerang. Ketiga jenis bunga tersebut didatangkan dari daerah Malang dan Gresik.

“Jambu merah juga untuk mengobati DB, kemarin saya juga kirim jambu merah cangkok ke SMAN 1 Dawarblandong sampai 15 pohon, masih kurang 2 pohon. Untuk harga Zodia Rp35 ribu, Rosmarin antara Rp15 ribu sampai Rp20 ribu, Lavender antara Rp10 ribu sampai Rp25 ribu dan jambu merah cangkok Rp75 ribu,” jelasnya.[tin/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar