Pendidikan & Kesehatan

Kabupaten Ponorogo

Usir Kebosanan, Sejumlah Pasien Covid-19 Dipindah ke Shelter

Shelter di Kelurahan Tambakbayan yang akan digunakan isolasi beberapa pasien Covid-19 di Ponorogo. [Foto/dok.beritajatim.com]

Ponorogo (beritajatim.com) – Sejumlah pasien positif Covid-19 yang saat ini dirawat dan menjalani isolasi di rumah sakit dilanda kebosanan. Bagaimana tidak, mereka, terutama 3 pasien dari klaster penularan asrama haji Sukolilo Surabaya sudah dua bulan lebih di rumah sakit.

Padahal yang bersangkutan keadaanya sudah sehat sejak satu bulan terakhir. Namun hasil swab-nya tidak kunjung berubah menjadi negatif Covid-19. Bahkan ada salah satu pasien, yang test Swabnya hingga 19 kali dan selalu positif hasilnya.

“Kasihan mereka, padahal sudah sehat, namun hasil Swabnya masih positif. Bahkan ada satu pasien yang test swab hingga 19 kali,” kata Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni, Sabtu (6/6/2020).

Karena merasa sehat dan dilanda kebosanan di rumah sakit, mereka mengajukan permohonan kepada bupati untuk menjalani isolasi di rumah. Permohonan itu tidak dikabulkan oleh Bupati Ipong. Namun untuk mengusir kebosanan di rumah sakit, Ipong mempunyai alternatif untuk memindahkan meraka ke shelter yang dibuat di bekas gedung perpustakaan di Kelurahan Tambakbayan.

Di sana disiapkan 18 kamar. Masing-masing kamar tersebut dipisahkan oleh bilik. Fasilitasnya pun lengkap, bahkan ada tempat untuk berjemur. “Fasilitasnya memadai supaya mereka di sana nyaman. Selain 3 pasien dari klaster asrama haji Sukolilo, yang dipindahkan juga dari beberapa pasien klaster Temboro yang sudah sehat,” katanya.

Foto ilustrasi virus Corona

Dengan suasana isolasi yang baru itu, Ipong berharap bisa mempercepat proses penyembuhan pasien-pasien tersebut. Di sana pasien juga diawasi oleh petugas medis. Jadi perawatannya tidak jauh berbeda dengan yang di rumah sakit.

“Di shelter Tambakbayan para pasien Covid-19 ini masih dipantau oleh tim kesehatan. Semoga dengan suasana baru, akan mempercepat proses penyembuhan mereka,” pungkasnya. [end/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar