Pendidikan & Kesehatan

Usai Operasi, Begini Kondisi Akika dan Azila

Surabaya (beritajatim.com) – Sehari setelah operasi separasi sepasang kembar siam dempet dada dan perut asal Kendari, Akika san Azila dalam kondisi yang stabil. Operasi separasi dan rekonstruksi pun dilakukan di RSUD Dr. Soetomo Surabaya oleh Tim Kembar Siam yang dipimpin oleh Dr. Agus Hariyanto SpA K.

Saat ini kedua bayi mungil yang masih berusia 16 bulan ini sudah dapat bergerak aktif, meskipun dalam masa pascaoperasi atau masa adaptasi. Dr. Poerwadi salah satu staf dokter ahli Tim Kembar Siam RSUD Dr Soetomo mengatakan, bahwa Akila membutuhkan waktu 5,5 jam operasi sedangkan Azila membutuhkan 8 jam.

Kondisi Akila dan Azila saat ini, hemoglobin normal sehingga tidak membutuhkan transfusi, nafas teratur, dan usus sudah mulai bekerja Menurut Dr Agus, Akila dan Azila sudah dikenalkan dengan minuman melalui distraksi.

“Dalam kondisi yang stabil, sudah diberi minum sedikit sedikit agar memicu ususnya untuk kuat,” ujar Dr Agus.

Dr. Poerwadi juga mengatakan bahwa yang perlu diperhatikan saat ini adalah kemungkinan infeksi karena operasi eksposure atau pembedahan jaringan lebar. Untuk itu Akila dan Azila masih dalam perawatan instensif di ICU hingga setidaknya 7 hari pascaoperasi.

“Saat ini sudah tidak panas, sehingga masih dalam kondisi yang normal. Untuk kemungkinan infeksi akan ditangani dengan intensif,” ungkap Dr Poerwadi.

Menambahkan dari Dr Agus, orang tua juga turut menjadi salah satu penentu perkembangan kesembuhan bayi, kerana kehadiran orang tua akan mengurangi resiko stress yang dapat menghambat proses penyembuhan.

“Orang tua harus menemani. Karena kalau tidak bayi juga bisa stress, harus ada yang menenangkan. Asal memakai pakaian bersih dan steril, orang tuanya dapat masuk ICU dan menemani,” ujar Dr Agus. [adg/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar