Pendidikan & Kesehatan

UPT Puskesmas Wates di Kota Mojokerto Ditutup Hingga 2 Pasien Sembuh

UPT Puskesmas Wates di Kecamatan Magersari, Kota Mojokerto. [Foto: misti/bj.com]

Mojokerto (beritajatim.com) – Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto menutup Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Puskesmas Wates di Kecamatan Magersari, Kota Mojokerto sampai dua pasien sembuh. Penutupan sebagai bentuk kewaspadaan dilakukan setelah dua pekerja di UPT Puskesmas Wates positif Covid-19.

Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Pencegahan Covid-19 Kota Mojokerto, Gaguk Tri Prasetyo mengatakan, ada total 40 pekerja di UPT Puskesmas Wates. “Totalnya ada 40 pekerja baik nakes maupun non nakes, dua positif Covid-19,” ungkapnya, Rabu (8/7/2020).

Masih kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kota Mojokerto ini, proses pelayanan kesehatan di UPT Puskesmas Wates tutup sejak hari, Senin (6/7/2020). Pelayanan akan dialihkan ke tujuh puskesmas yang ada di Kota Mojokerto.

“Penutupan dilakukan dalam rangka tracing. Seluruh pegawai sudah dilakukan tracing, termasuk yang positif. Meski begitu, masyarakat tetap bisa menikmati pelayanan di tujuh pukeskmas lainnya. Seperti Puskesmas Gedongan dan Puskesmas Kedundung,” katanya.

Sementara itu, Walikota Mojokerto, Ika Puspitasari membenarkan, adanya penutupan fasilitas kesehatan (faskes) milik Pemkot Mojokerto tersebut. Penutupan dilakukan sebagai upaya melakukan pencegahan dan meningkatkan kewaspadaan terhadap penularan lebih lanjut.

“Baik itu di lingkungan puskesmas ataupun masyarakat yang mendapatkan pelayanan. Jadi karena ada yang sudah terpapar, sehingga mayoritas petugas atau SDM nya kan harus dikarantina. Sehingga pelayanan kita tutup untuk beberapa saat, mungkin dua minggu kedepan atau sampai kedua pasien dipastikan aman bisa beraktifitas kembali, sesuai dengan SOP,” tegasnya.

Sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto menutup sementara Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Puskesmas Wates di Kecamatan Magersari, Kota Mojokerto. Ini menyusul ada dua pegawai Puskesmas Wates yakni satu orang tenaga kesehatan (nakes) dan satu orang tenaga non nakes terpapar Covid-19. [tin/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar