Pendidikan & Kesehatan

Update Peta Sebaran Covid 19 di Banyuwangi, 1 PDP

Banyuwangi (beritajatim.com) – Pembaruan data jumlah deteksi di Banyuwangi hingga saat ini belum terdapat positif warga yang positif virus corona atau covid 19. Sejauh ini data dari situs https://corona.banyuwangikab.go.id/ tercatat 70 orang dalam pantauan (ODP), 1 pasien dalam pantauan (PDP).

Sementara dari peta sebaran di 25 Kecamatan di Kabupaten Banyuwangi hampir seluruhnya terdapat kasus orang dalam pantauan (ODP). Namun, empat kecamatan dinyatakan masih nihil kasus, di antaranya Kecamatan Wongsorejo, Blimbingsari, Siliragung dan Tegaldlimo.

Sementara satu orang pasien dalam pantauan tercatat berada di Kecamatan Muncar dan saat ini masih dalam perawatan. Hingga saat ini Pemerintah Banyuwangi terus melakukan penanganan kasus virus corona atau covid 19 ini. Termasuk melakukan sosialisasi hidup sehat dan bersih, menyiapkan alat kelengkapan hingga menyediakan ruang isolasi.

Bahkan, Kabupaten Banyuwangi merealokasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2020 guna pencegahan dan penanganan virus corona (Covid-19). Realokasi anggaran sekitar Rp 21 miliar, mulai untuk menambah bed isolasi, alat rapid test (tes cepat) untuk warga, penambahan alat pelindung diri (APD) untuk para tenaga medis, hingga penambahan ventilator dan respirator sebagai alat bantu pernapasan bagi pasien. Selain itu, sebagian dana tersebut bakal digunakan untuk membeli masker, hand sanitizer, alkohol, disinfektan, dan berbagai penunjang medis lainnya. (rin/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar