Pendidikan & Kesehatan

Update Pasien Positif di Pamekasan, Hari Ini Terbanyak, Capai 27 Orang

Pamekasan (beritajatim.com) – Angka  kasus Coronavirus Disiase 2019 di kabupaten Pamekasan, khususnya untuk update harian memecahkan ‘catatan rekor’ tersendiri dengan tambahan sebanyak 27 orang dinyatakan positif sebagai pasien positif baru.

Hal itu berdasar update peta sebaran virus corona yang dikeluarkan Tim Satgas Penanganan Covid-19 Pamekasan, Kamis (10/12/2020). Di mana tambahan 27 pasien baru berasal dari tujuh kecamatan berbeda di kabupaten Pamekasan.

“Update hari ini pecahkan rekor harian pasien positif Covid-19, di mana saat ini terdapat tambahan sebanyak 27 pasien baru yang dinyatakan positif Covid-19. Rekor tersendiri dari sebelumnya yang hanya naik sekitar 10 hingga 15 orang,” kata Jubir Tim Satgas Penanganan Covid-19 Pamekasan, Sigit Priyono.

Jumlah tersebut merupakan pasien dari tujuh kecamatan berbeda di Pamekasan, meliputi sebanyak satu orang asal Galis, satu orang asal Larangan, 4 orang asal Pademawu, 3 orang asal Pagantenan, 12 orang asal Pamekasan (Kota), satu orang asal Pasean, serta 5 orang asal Tlanakan.

“Angka pasien baru terbanyak dari kecamatan Kota (Pamekasan), dengan total pasien baru sebanyak 12 orang. Disusul dari Tlanakan sebanyak 5 orang, 4 orang asal Pademawu, 3 orang asal Pagantenan. Sisanya masing-masing satu orang asal Galis, Larangan dan Pasean. Sedangkan pasien positif sembuh hanya satu orang asal Pademawu,” ungkapnya.

Disinggung soal penyebab lonjakan angka pasien positif baru, pihaknya menilai hal itu tidak lepas dari kurangnya kewasapadaan masyarakat dalam menerapkan sikap disiplin, khususnya disiplin menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

“Seperti yang kita ketahui, kondisi pembiasaan baru atau yang lebih dikenal dengan sebutan new normal mengakibatkan masyarakat kurang waspada menerapkan protokol kesehatan. Sehingga penyebaran wabah ini semakin tidak terkendali,” jelasnya.

Dari itu pihaknya mengimbau sekaligus kembali mengingatkan masyarakat agar selalu menerapkan protokol kesehatan. “Mari kita bersama meningkatkan kewaspadaan dengan disiplin menerapkan 3M, rajin cuci tangan, selalu menggunakan masker serta menjaga jarak,” imbaunya.

“Tujuannya hanya satu, yaitu untuk meminimalisir sekaligus memtus rantai penyebaran pandemi ini. Karena kami meyakini dengan sikap disiplin yang tinggi dalam menerapkan protokol kesehatan, pandemi ini dapat berakhir,” pungkasnya.

Berdasar update peta sebaran virus corona yang dikeluarkan Tim Satgas Penanagnan Covid-19 Pamekasan, terdata sebanyak 515 orang dinyatakan positif. Meliputi sebanyak 112 orang dalam tahap isolasi, 45 orang meninggal dunia, serta sebanyak 358 orang lainnya dinyatakan sembuh.

Sementara status suspect terdata sebanyak 1032 orang, meliputi sebanyak 39 orang dalam tahap pengawasan, sebanyak 67 orang meninggal dunia, serta sebanyak 926 orang lainnya dinyatakan selesai alias Negatif Covid-19. [pin/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar