Pendidikan & Kesehatan

Update Kota Malang, Dua Pasien Covid-19 Tertular Istri

Tiga kepala daerah di Malang Raya kompak PSBB satu putaran.

Malang (beritajatim.com) – Pemerintah Kota Malang mengungkapkan ada tambahan tiga pasien baru Covid-19 di wilayahnya. Tiga pasien ini dikonfirmasi positif di hari pertama masa transisi New Normal, pada Minggu, (31/5/2020). Total ada 50 pasien positif di Kota Malang.

Kabag Humas Pemkot Malang, Nur Widianto mengatakan bahwa dua pasien dari tiga pasien baru tertular dari istri. Pasien pertama tertular dari istri yang terinfeksi virus Covid-19 sedang dirawat di rumah sakit. Pasien kedua tertular dari istri yang sudah meninggal dunia.

“1 orang merupakan kontak erat konfirm positif yang masih dirawat (istri). 1 orang kontsk erat konfirm positif yg sdh meninggal (istri). 1 orang dari pasien dalam pengawasan di Rumah Sakit,” kata Nur Widianto.

Jubir Satgas Covid-19 Kota Malang, Husnul Mu’arif mengatakan, faktor utama penularan istri kepada suami karena isolasi mandiri di rumah tidak berjalan dengan baik. Untuk itu, Pemkot Malang kedepan akan melakukan survey terlebih dahulu sebelum memutuskan pasien isolasi mandiri di rumah.

“Karena kontak erat kondisi imunitasnya menurun. Sehingga ketika di swab hasilnya positif Covid-19. Isolasi mandiri di rumah, kami cek rumahnya apakah memenuhi syarat. Jika tidak memenuhi syarat ini kami evakuasi ke rumah sakit,” tandasnya.

Sementara itu, data Covid-19 Kota Malang Per (1/6/2020), orang dengan resiko (ODR) 2.087 orang, orang tanpa gejala (OTG) 442 orang, orang dalam pemantauan (ODP) 904 orang, serta pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak 249 orang. PDP yang meninggal dunia sebanyak 18 orang. Sementara dari 50 pasien positif 17 dinyatakan sembuh dan 31 masih dalam perawatan serta meninggal dunia 2 orang. (luc/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar