Pendidikan & Kesehatan

Update Kota Malang, 26 April: 14 Orang Positif Virus Corona

Wali Kota Malang, Sutiaji.

Malang (beritajatim.com) – Pemerintah Kota Malang mengumumkan kabar terbaru jumlah pasien positif virus corona Covid-19 di wilayahnya. Data terupdate pada Minggu, (26/4/2020) 14 orang dinyatakan positif teridap virus corona.

Wali Kota Malang, Sutiaji mengatakan jumlah pasien positif ini mengalami kenaikan atau terus bertambah sejak tiga hari terakhir. Dia pun menyinggung draf Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang dikirim ke Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Seharusnya wilayah lain di Malang Raya ikut, sehingga draf PSBB diterima oleh Pemprov Jatim untuk diteruskan ke Kemenkes RI.

“Sehingga angka 8 positif jebol juga. Sejak kami luncurkan surat pengajuan PSBB lewat Pemprov, saya tidak merasa bangga dengan angka positif 8 yang terus bertahan. Perhatian saya tertuju pada jumlah PDP yang terus bertambah dan OTG,” ujar Sutiaji, Minggu (26/4/2020).

Sutiaji menilai langkah Pemkot Malang untuk mengajukan draf PSBB beberapa waktu lalu sudah tepat. Sebah, angka PDP dan OTG terus bertambah. Selain itu, kegelisahan lain yang melatarbelakangi pengajuan draf PSBB adalah kendala bahan uji laboratorium untuk swab yang sempat habis dan menunggu pasokan dari Kemenkes RI.

“Realitanya, begitu bahan itu datang, bertepatan konfirm positif terus bertambah dalam 3 hari ini, sejak tanggal 23 April kemarin 2 pasien diketahui dari kluster Sukolilo (pelatihan haji) dan 4 pasien lainnya. Sehingga dari 8 menjadi 14 pasien,” tandas Sutiaji.

Sementara itu, data Covid-19 Kota Malang Per 26 April 2020, orang dengan resiko (ODR) 1.909 orang, orang tanpa gejala (OTG) 166 orang, orang dalam pemantauan (ODP) 672 orang, serta pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak 155 orang. Dan PDP yang meninggal dunia sebanyak 9 orang. Sementara dari 14 pasien positif 8 dinyatakan sembuh dan 6 masih dalam perawatan. [luc/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar