Pendidikan & Kesehatan

Update Covid Jatim, Status Gresik Berubah Zona Oranye

Bupati Gresik Sambari Halim Radianto saat melakukan teleconference dengan Mendagri Tito Karnavian

Gresik (beritajatim.com) – Kasus Covid-19 yang terpapar positif cukup tinggi atau masuk zona merah. Namun ada kabar gembira, Kabupaten Gresik bakal berstatus zona oranye seiring dengan meningkatnya kesembuhan pasien Covid-19. Informasi ini disampaikan Bupati Sambari Halim Radianto kepada wartawan, Jumat (7/08/2020).

“Perubahan zona dari merah menjadi zona oranye berdasarkan informasi langsung dari Pemprov Jawa Timur,” ujar Sambari.

Menurutnya, berdasarkan hasil wawancara Kepala Dinas Kabupaten yang terkait dengan Pemprov Jawa Timur melalui via whatsapp (WA) secara intens, jawabannya wilayah Gresik masuk menjadi zona oranye.

Sambari menambahkan, kendati belum diumumkan secara resmi. Namun, dalam pesan melalui WA tersebut dipastikan tidak lagi menjadi zona merah. Untuk itu, setiap hari pihaknya selalu melaporkan data terbaru kepada provinsi terkait perkembangan penanganan Covid-19 di Kabupaten Gresik.

“Angka kesembuhan pasien positif Covid-19 di Gresik terus naik dan yang paling update 1.326 orang yang sudah dinyatakan sembuh. Sedangkan yang terpapar positif bertambah lagi menjadi 2.022 orang,” imbuhnya.

Bupati dua periode ini juga menyatakan, perubahan Gresik dari zona merah menjadi zona oranye akan terus berlanjut hingga menjadi zona hijau.

“Kami tak henti-hentinya melakukan sosialisasi pentingnya penerapan protokol kesehatan di masyarakat,” papar Sambari.

Sementara, Kabag Humas dan Protokol Pemkab Gresik Reza Pahlevi mengatakan, protokol kesehatan seperti selalu cuci tangan dengan sabun, menggunakan masker saat keluar rumah dan melakukan phsysical distancing merupakan vaksin yang mujarab.

“Mudah-mudahan tidak terlalu lama kita bisa mengejar pada zona kuning lalu terus menjadi zona hijau. Kami terus berusaha dan mohon doanya dari masyarakat,” pungkasnya. [dny/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar