Pendidikan & Kesehatan

Update Covid-19 Ponorogo : 2 Sembuh, 2 Positif, 2 Meninggal

Plt. Bupati Soedjarno(foto/dok.beritajatim)

Ponorogo (beritajatim.com) – Pasien dengan status orang tanpa gejala (OTG) mendominasi kasus konfirmasi positif Covid-19 di Ponorogo. Secara kumulatif, jumlahnya sekarang mencapai 430 orang. Setelah ada penambahan 2 orang yang terkonfirmasi positif.

“Penambahan 2 orang ini, sebelumnya dirawat di rumah sakit dengan keluhan demam dan batuk. Mereka punya riwayat takziah ke Malang. Di sana keduanya kontak dengan keluarga yang juga terkonfirmasi,” kata Plt. Bupati Soedjarno, Kamis (1/10/2020).

Selain ada penambahan dua pasien baru, Soedjarno juga mengabarkan ada dua pasien terkonfirmasi yang meninggal. Yang pertama, pasien asal Kecamatan Jambon. Almarhum baru dua hari sebelumnya dinyatakan sembuh.

Namun belum selesai melakukan isolasi mandiri, pasien tersebut meninggal dunia. Kemudian pasien yang berasal dari Kecamatan Babadan. Meninggal saat dalam perawatan di rumah sakit dengan pneumoni. “Selain kabar kesedihan, kami juga mengabarkan bahwa juga ada 2 pasien yang dinyatakan sembuh,” katanya.

Data keseluruhan, pasien sembuh di Ponorogo kini berjumlah 318 orang. Sebanyak 15orang meninggal dunia. Serta masih ada 97 orang yang menjalani isolasi.

Dari jumlah pasien yang menjalani isolasi, ada ya g melakukan isolasi mandiri, sebab mereka tergolong OTG. Sebagian pasien lainnya diisolasi di rumah sakit maupun selter. “Rumah sakit rujukan kini difokuskan untuk merawat pasien terkonfirmasi yang bergejala dan butuh perawatan ekstra,” katanya.

Dia mengharap semua elemen turut peduli untuk kedisplinan masyarakat yang melakukan isolasi mandiri. Supaya rantai penularan Covid-19 bisa terkendali. Selain itu, Soedjarno menghimbau kepada masyarakat untuk menghindari keramaian. Dan jangan segan untuk menegur orang di sekitar yang tidak disiplin protokol kesehatan.

“Ingat, selalu pakai masker, jaga jarak dan sering-sering cuci tangan. Mari saling menjaga, dan peduli untuk menang melawan Covid-19,” pungkasnya. (end/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar