Pendidikan & Kesehatan

Upaya Menuju Zona Hijau, Pemkot Kediri Rapid Test di Pasar Tradisional

Foto ilustrasi

Kediri (beritajatim.com) – Data dari provinsi menyebutkan bahwa terdapat penurunan angka kasus Covid-19 di Kota Kediri per tanggal (15/06/2020). Hal inilah yang akhirnya membuat Kota Kediri masuk kedalam zona kuning. Disamping itu, angka kesembuhan pasien Korona di Kota Kediri juga meningkat hingga 33,33%.

Tentu hal ini membawa angin segar, tidak hanya untuk pemerintah, melainkan juga masyarakat Kota Kediri secara umum. Namun, hal ini bukan berarti penanganan Korona melengah, justru disinilah waktu yang tepat untuk giat melakukan penanganan, hingga akhirnya kota Kediri masuk dalam kategori zona hijau.

Untuk itu sejumlah tindakan preventif hingga kuratif tak henti dilakukan. Salah satunya dengan melakukan rapid test di pasar tradisional. Bermula di pasar Centong yang berlokasi di Kelurahan Bawang, sejumlah pengunjung pasar baik pembeli maupun penjual mengantre untuk melakukan rapid test massal. Untuk menarik kesadaran masyarakat untuk melakukan pemeriksaan, tes ini dilakukan secara gratis.

“Pelaksanaan rapid test ini gratis, tidak dipungut biaya sama sekali,” ungkap Alfan Sugianto, Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit Dinas Kesehatan Kota Kediri

Hal serupa juga dilakukan di pasar grosir, kelurahan Ngronggo Kota Kediri. Selain dilakukan secara gratis, petugas juga secara personal mengajak pengunjung pasar untuk melakukan rapid test demi kebaikan bersama ini. Dalam sehari, Dinas Kesehatan menargetkan pemeriksaan kepada 50 orang di setiap lokasi pasar. Untuk hari ini pelaksanaan dilakukan di dua lokasi, jadi total ada 100 orang yang melakukan rapid test massal ini.

Sementara itu, petugas bisa secara langsung memperoleh hasil rapid test di lokasi pemeriksaan, Kendati demikian, hasil rapid test tidak diumumkan secara luas. Hal ini ungkapkan oleh Alfan, saat ditemui di pasar grosir kelurahan Ngronggo.

“Untuk hasil rapid test bisa langsung kita ketahui saat ini juga, namun tidak kami sebarluaskan. Hasil diberitahukan kepada orang yang bersangkutan apabila yang bersangkutan dinyatakan reaktif,” jelas Kabid P2P ini.

Ia juga menambahkan, jika ditemukan hasil reaktif, maka yang bersangkutan segera dilakukan pemeriksaan PCR SWAB di RSUD Gambiran Kota Kediri.

Selain itu, walaupun saat ini berbagai daerah termasuk kota Kediri mulai menjelang new normal, masyarakat juga dihimbau untuk tidak lengah dengan cara tetap mematuhi protokol kesehatan setiap saat dan di manapun demi kebaikan bersama. [nm/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar