Pendidikan & Kesehatan

Upaya Cegah Covid-19, Daftar Ulang Calon Mahasiswa Baru ITS Dilakukan Secara Daring

Surabaya (beritajatim.com) – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) memberlakukan sistem daring proses administrasi pendaftaran ulang calon mahasiswa baru yang telah diterima melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Untuk melengkapi keperluan administratif calon mahasiswa baru, akan dibuka registrasi online pada 13 – 19 April 2020 melalui laman sipmaba.its.ac.id. Dalam hal ini, calon mahasiswa baru diwajibkan untuk mengisi biodata lengkap serta mengunggah dokumen yang disyaratkan dalam laman tersebut untuk memenuhi ketentuan verifikasi data. Setelahnya, calon mahasiswa baru diharapkan untuk mencetak bukti pengisian sistem informasi pendataan mahasiswa baru (SIPMABA).

Nantinya juga akan dilakukan verifikasi data ekonomi orang tua pada 15 – 26 April 2020 berdasarkan data yang diinput di SIPMABA oleh Tim UKT-ITS, termasuk bagi calon mahasiswa baru pemegang Kartu Indonesia Pintar – Kuliah (KIP-K). Nantinya, pada 22 – 28 April 2020 akan diumumkan nominal Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang harus dibayarkan oleh calon mahasiswa baru non KIP-K.

Lebih lanjut, dalam periode 22 April – 3 Mei 2020, calon mahasiswa baru non KIP-K wajib melakukan pembayaran UKT sesuai dengan ketetapan TIM-UKT ITS melalui bank yang ditunjuk. Adapun pembayaran UKT dapat dilakukan melalui internet banking, mobile banking, ATM, dan teller di kantor cabang BNI, BTN, BRI, Bank Mandiri, BNI Syariah, Bank Syariah Mandiri, serta Bank Jatim di seluruh wilayah Indonesia.

Direktur Pendidikan ITS, Dr Eng Siti Machmudah ST MEng menyampaikan bahwa proses verifikasi rapor dan daftar ulang yang biasanya diselenggarakan secara langsung di kampus ITS akan dilaksanakan via online atau daring. “Nantinya, mahasiswa diminta untuk mengunggah nilai rapornya ke laman yang disediakan dan akan diverifikasi oleh Tim Direktorat Pendidikan,” jelasnya.

Sementara itu, pemeriksaan kesehatan di Medical Center ITS yang diwajibkan untuk seluruh calon mahasiswa baru sebagai syarat daftar ulang akan ditunda pelaksanaannya dengan memperhatikan perkembangan dampak Covid-19. “Jika situasi dan kondisi sudah memungkinkan, kemungkinan akan dilaksanakan bersamaan dengan daftar ulang calon mahasiswa baru dari jalur SBMPTN dan PKM,” tutur dosen Departemen Teknik Kimia ini.

Berkenaan dengan pemeriksaan kesehatan mengenai program studi yang mensyaratkan tidak buta warna bagi mahasiswanya, maka calon mahasiswa baru tersebut akan dipindahkan ke program studi lainnya sesuai dengan ketentuan. “Mengenai ketentuan ini akan langsung disampaikan ke yang bersangkutan oleh dekan fakultas yang menaungi departemennya,” ungkap perempuan yang akrab disapa Machmudah tersebut.

Sementara itu, untuk verifikasi portofolio bagi calon mahasiswa baru yang diterima di program studi Desain Produk, Desain Interior, ataupun Desain Komunikasi Visual juga akan berlangsung secara online dengan jadwal menyusul. Setelah semua tahapan proses daftar ulang dilakukan, calon mahasiswa baru dapat mencetak bukti registrasi melalui laman sipmaba.its.ac.id yang memuat jadwal tentatif tes TOEFL, TPA, Psikotes, dan Pelatihan Spiritual dan Kebangsaan.

Apabila sampai dengan tanggal 3 Mei 2020 pukul 15.00 WIB, calon mahasiswa baru tidak mengisi biodata dan mengunggah dokumen sesuai syarat, maka yang bersangkutan dianggap melepaskan haknya sebagai calon mahasiswa program Sarjana ITS Tahun Akademik 2020/2021.

Machmudah menyampaikan, terkait keperluan perkuliahan seperti jas almamater dan lain sebagainya masih belum ditetapkan mekanismenya. Namun, terkait dengan informasi ini, ia berpesan hendaknya calon mahasiswa baru terus menyimak dengan baik pengumuman yang ada di laman smits.ac.id tentang tata cara daftar ulang. “Serta, dengan segera melakukan pengisian biodata di sipmaba.its.ac.id dan menghubungi kontak yang tertera di laman tersebut apabila ada pertanyaan,” pesannya. [kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar