Pendidikan & Kesehatan

Unusida Komitmen Kembangkan Literasi di Sidoarjo

Rektor Unusida Dr. H. Fatkul Anam, M.Si

Sidoarjo (beritajatim.com) – Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo (Unusida) berkomitmen mengembangkan literasi di wilayah Sidoarjo. Komitmen ini disampaikan langsung oleh Rektor Unusida Dr. H. Fatkul Anam, M.Si, Jumat (18/6/2021).

“Unusida nanti bersinergi dengan berbagai pihak. Mulai dari Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, IKAPI, komunitas, termasuk Dewan Kesenian Sidoarjo. Sebab mengembangkan literasi tidak bisa dikerjakan secara sepihak. Banyak komponen yang harus dilibatkan,” kata Dr Anam.

Rektor Unusida yang sekaligus juga Ketua Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) Jatim ini memaparkan bahwa selama ini telah menggagas kegiatan literasi di tingkat Jawa Timur. “Melalui IKAPI Jatim, kita sudah memiliki kegiatan terjadwal tiap tahun. Pertama saat Hari Buku di bulan Mei dan pada saat HUT Jatim di bulan November. Nah, di wilayah Sidoarjo, Unusida yang nanti bakal lebih bergerak,” kata Dr Anam.

Sebagai gebrakan awal, pemilik lembaga penerbitan Media Ilmu menggagas konten lokal khas Sidoarjo. “Saya belajar dari Malang. Di sana, tiap desa diminta untuk membikin tim untuk menuliskan sejarah desanya. Hal seperti itu nanti kita adopsi dengan menyesuaikan kultur dan potensi Sidoarjo,” tuturnya.

Oleh sebab bergerak sampai wilayah kecamatan dan desa di Sidoarjo, Unusida bakal bersinergi dengan Pemda. “Pemerintah Kabupaten harus hadir dalam pengembangan literasi ini. Dengan kehadiran Pemerintah Kabupaten, kita bisa lebih enak dalam memberikan edukasi dan pengawalan hingga ke tingkat desa,” katanya.

Lantas, apa yang bakal direncanakan setelah tiap desa menuliskan konten lokal? Dr Anam merencanakan bahwa kegiatan literasi ini dalam sebuah bingkai sayembara. “Kita lakukan kurasi. Semisal diambil 10 terbaik. Finalis ini nanti kita undang dan kita bikinkan launching. Dengan adanya bingkai sayembara, tim di tiap desa bisa lebih terpacu untuk membuat buku terbaik,” katanya.

Sekadar diketahui, Unusida sendiri saat ini sedang terlibat dalam pameran buku dan obral buku murah bertitel LiterArt Fest yang digelar oleh Komite Sastra Dewan Kesenian Sidoarjo (Dekesda). Pameran berlangsung selama 3 hari, tanggal 18 – 20 Juni 2021, di Dekesda Art Center, Jl Erlangga No 67 Sidoarjo. [but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar