Pendidikan & Kesehatan

Untag Banyuwangi Kebut Persiapan Implementasi MBKM Prodi Pendidikan Biologi

Banyuwangi (beritajatim.com) – Program Studi Pendidikan Biologi Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Banyuwangi menggelar acara Workshop Penyusunan Prosedur Operasional Baku (POB) Kurikulum MBKM. Kegiatan ini berfokus pada penyusunan Prosedur Operasional Baku (POB) bagi mahasiswa, pembimbing, maupun tim monev dalam kegiatan MBKM.

Langkah awal, Prodi Pendidikan Biologi Untag Banyuwangi berencana menerapkan empat kegiatan MBKM dari total 8 program yang ditawarkan. Program yang diambil Pertukaran Pelajar, Kegiatan Wirausaha, Membangun Desa/KKNT, dan Asistensi Mengajar di Sekolah.

‚ÄúPesertanya dari seluruh prodi yang menjadi tim penyusun MBKM Untag Banyuwangi, jadi semua ikut workshop,” jelas Kepala Program Studi Pendidikan Biologi Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi, Candra Hermawan saat workshop, Jumat (6/11/2020).

Prodi pendidikan Biologi, kata Candra, merupakan salah satu dari tiga prodi di lingkungan Untag Banyuwangi yang lolos program bantuan kurikulum MBKM dari Kemendikbud tersebut. Sehingga, pihaknya berharap kegiatan ini dapat memberikan dampak positif bagi mahasiswa.

“Kami sangat berharap dengan diterapkannya kegiatan MBKM ini semoga mampu memberikan kompetensi tambahan bagi mahasiswa dan mampu memberikan link and match dengan dunia kerja,” ungkapnya.

Seperti diketahui, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan telah mengeluarkan kebijakan tentang Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Kebijakan ini bertujuan untuk memberikan kebebasan kepada mahasiswa dalam menentukan proses belajar yang dianggap sangat relevan dengan masa depannya.

“Mahasiswa dapat mengambil mata kuliah di program studi lain dalam perguruan tingginya, bisa melaksanakan pembelajaran di perguruan tinggi lain, maupun pembelajaran di institusi non perguruan tinggi,” pungkasnya. [rin/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar