Pendidikan & Kesehatan

Untag Banyuwangi Cetak Wirausaha Muda di Tengah Pandemi

Peserta Webinar menyimak pemaparan dari narasumber dalam Program Pengembangan Kewirausahaan yang digelar oleh Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi.

Banyuwangi (beritajatim.com) – Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Banyuwangi menggelar program pengembangan kewirausahaan bagi mahasiswa dan alumni. Menyesuaikan dengan kondisi pandemi, materi program digelar secara daring. Program ini sebagai salah satu bekal untuk calon usahawan memulai bisnis.

Program ini membahas berbagai macam hal tentang strategi berwirausaha. Secara khusus, Untag mendatangkan pemateri yang sukses dalam usaha bisnis dengan berbagai macam tema.

Di antaranya, Yayak Ekay Cahyanto-Braderkay (Founder Fullare Creativework, Founder BIG Bususan Indo Global Group dengan tema Branding Untuk Usaha Mahasiswa. Ada pula tema Bangun Bisnis Milyaran, Modal Recehan dengan pemateri Dian Ariyanti Founder CIOMY (Baso Aci Yummy), dan Jurus Ampuh Menguasai Bisnis Kuliner dengan pemateri Vitra Aeiny Managing Director PT. Unggul Boga Indonesia.

Selama ini, ada dua faktor seseorang tidak memulai untuk berwirausaha. Pertama karena munculnya rasa tidak percaya diri dan kedua adalah tidak punya modal.

Padahal sebenarnya hanya dibutuhkan kreatifitas dan mau untuk mencoba. Modal bukan menjadi penghalang untuk berwirausaha. Percaya diri adalah menjadi salah satu karakter yang harus dimiliki oleh wirausahawan.

Peserta webinar bisnis dibekali pengetahuan yang tidak akan didapatkan dibangku perkuliahan. Penjelasan setiap tema materi webinar bisnis diulas secara gamblang dan dibagikan pengalaman selama memulai usaha.

Salah satu pemateri yaitu Dian Ariyanti mengatakan, awal proses berwirausaha tidak langsung mempunyai produk sendiri. Wirausahawan bisa memulainya dengan menjadi reseller dan pentingnya memahami sebuah brand. Karena dari hal tersebut akan belajar banyak bagaimana mengidentifikasi konsumen. “Pengalaman menjadi reseller lalu berfikir untuk membuat bisnis sendiri. Akhirnya munculah produk Ciomy (Baso Aci Yummy). Produk ini sudah tersebar di berbagai daerah di Indonesia,” jelasnya.

Dalam kesempatan ini, Dian juga menyampaikan trik dan tips dalam memulai usaha. “Selanjutnya, mencari tahu apa yang dibutuhkan konsumen, menyampaikan bagaimana cara mempersiapkan bisnis, dan lain-lain,” ungkap Dian.

Sementara itu, Wakil Rektor 3 bidang Penelitian, pengabdian dan kerjasama Untag banyuwangi Dr. Herdiana Dyah Susanti S.T., M.T. menyampaikan setelah mendengarkan materi mahasiswa semakin optimis untuk membuat dan mengembangkan usahanya. “Karena dengan berwirausaha memberikan kesempatan pada diri sendiri untuk belajar menjadi seorang pemimpin dan mampu mengoptimalkan diri sendiri,” urainya.

Rangkaian kegiatan webinar bisnis yang diselenggarakan melalui Program Pengembangan Kewirausahaan (PPK) Untag Banyuwangi ini, dilaksanakan mulai bulan Mei sampai Desember 2020. (rin/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar