Pendidikan & Kesehatan

Universitas Jember Siapkan KKN Bertema Perubahan Iklim

Jember (beritajatim.com) – Rektor Universitas Jember Moh Hasan akan memasukkan tema perubahan iklim dalam program kuliah kerja nyata mahasiswa.

“Kami akan mencoba memasukkan Proklim sebagai salah satu tema Kuliah Kerja Nyata di Universitas Jember, sehingga nantinya bakal ada Kuliah Kerja Nyata tematik perubahan iklim,” kata Hasan, sebagaimana dilansir dilansir Humas dan Protokol Universitas Jember di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Sabtu (20/7/2019).

Hasan mengatakan, Unej telah berpengalaman dalam menjalankan berbagai program terkait pengurangan GRK (Gas Rumah Kaca). Ia mencontohkan Program Mitigasi Bencana Berbasis Lahan yang didukung oleh Indonesia Climate Change Trust Fund (ICCTF), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Bappenas, serta USAID di Taman Nasional Meru Betiri (TNMB) dan desa penyangganya.

KKN bertema perubahan iklim ini nantinya akan dikaitkan dengan Program Kampung Iklim atau Proklim Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK). Program ini mendidik dan mempersiapkan masyarakat Indonesia agar mampu beradaptasi dengan perubahan iklim serta usaha mitigasi bencana akibat perubahan iklim.

“Program-program dalam Kampung Iklim didesain agar mudah diaplikasikan oleh warga semisal memanen air hujan, pembuatan sumur resapan, pembuatan septic tank komunal, bagaimana menjaga hutan dan lainnya,” kata Direktur Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim (PPI) Ruandha Agung Sugardiman.

Program-program ini dapat dimulai dengan survei kerentanan iklim di daerahnya masing-masing untuk kemudian diaplikasikan melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat. [wir/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar