Pendidikan & Kesehatan

Universitas Jember Segera Buka Pendaftaran Relawan Covid-19

Upacara sumpah dan pelantikan dokter di FKU Unej, Jumat (27/3/2020).

Jember (beritajatim.com) – Ketua Gugus Tugas Pencegahan Covid-19 Universitas Jember, dr. Cholis Abrori tengah mempersiapkan rencana aksi dan rekrutmen tenaga untuk menangani Covid-19. Ini untuk mengatasi kekurangan sumber daya tenaga kesehatan yang dibutuhkan sewaktu-waktu dalam situasi saat ini.

“Kami akan membuka pendaftaran bagi mahasiswa FK dan peserta Program Studi Profesi Dokter FK Universitas Jember untuk turut terjun langsung menangani Covid-19 di daerah Jember dan sekitarnya,” katanya, sebagaimana dilansir Humas dan Protokol Unej di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Sabtu (28/3/2020).

Rektorat Unej sudah menyatakan jika mahasiswa FK yang mendaftar akan dihitung sedang mengikuti program Kuliah Kerja Nyata Tematis. “Selain itu, sudah ada mahasiswa peserta Program Studi Profesi Dokter FK Universitas Jember yang menjadi relawan medis penanganan Covid-19 yang dikoordinasikan oleh Kemendikbud,” kata Cholis.

Sementara itu, selesai disumpah, 25 orang dokter lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Jember ingin segera terjun ke lapangan untuk ikut menangani wabah Covid-19. Itulah kenapa para dokter ini ini rela dilantik dan disumpah jarak jauh alias dalam jaringan (online) dari rumah masing-masing, Jumat (27/3/2020) kemarin.

“Jika upacara penyumpahan dan pelantikan dokter ditunda, maka rencana kami agar bisa segera membantu penanganan Covid-19 jadi tertunda. Maka altenatifnya yah dengan upacara online,” kata dr. M. Iqbal Hermawan, asal Surabaya.

Iqbal sadar bahwa pemerintah dan masyarakat memerlukan keberadaan dokter dan petugas kesehatan lainnya di garis depan. “Kami ingin segera terjun ke lapangan untuk bahu membahu menangani Covid-19,” katanya.

Dr. Fath Arina Rahma asal Jogjakarta memiliki tekad serupa setelah melihat kondisi seluruh dunia saat ini di tengah pandemi Covid-19. “Saat dunia kesehatan Indonesia berduka karena gugurnya para dokter, perawat hingga guru besar kedokteran, mengukuhkan tekad kami untuk segera berkontribusi menyusul para senior kami,” katanya. [wir/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar