Pendidikan & Kesehatan

Universitas Jember Ingin Jadi Pusat Kajian Halal di Tapal Kuda

Rektor Universitas Jember Iwan Taruna

Jember (beritajatim.com) – Rektor Universitas Jember Iwan Taruna ingin perguruan tinggi yang dipimpinnya itu menjadi lembaga pemeriksa halal (LPH) di wilayah Tapal Kuda, Jawa Timur. Keseriusan menjadi salah satu LPH ini dituangkan dalam bentuk penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama Sukoso, di Universitas Jember, Kabupaten Jember, Sabtu (18/7/2020).

“Kami ingin menjadi pusat kajian halal di wilayah Tapal Kuda. Harapannya ke depan Universitas Jember juga bisa memberikan layanan sertifikasi kehalalan pada sebuah produk, khususnya bagi masyarakat yang berada di wilayah Tapal Kuda,” kata Iwan.

Iwan mengatakan, saat ini riset-riset terkait produk halal di Indonesia masih terbatas. Indonesia masih tertinggal dari Thailand dan Malaysia. Thailand sudah memiliki pusat riset dan penilaian produk halal. “Universitas Putra Malaysia pun memiliki fasilitas lengkap untuk riset produk halal,” katanya.

Sukoso mengatakan, saat ini minat masyarakat terhadap produk halal semakin meningkat. Masyarakat lebih suka memilih produk yang berlogo halal dan tersertifikasi. Ini sudah jadi tren masyarakat dunia. [wir/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar