Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

Universitas Jember Gelar Kuliah Tatap Muka Terbatas

Wakil Rektor I Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni Universitas Jember, Slamin. [foto: Humas Unej]

Jember (beritajatim.com) – Universitas Jember di Kabupaten Jember, Jawa Timur, mulai menggelar perkuliahan tata muka terbatas, Senin (11/10/2021). Kuliah tatap muka ini khusus diperuntukkan mahasiswa Universitas Jember angkatan tahun 2020.

Selain mahasiswa angkatan tahun 2020, mahasiswa yang tengah mengambil kuliah praktek, mahasiswa yang mengerjakan tugas akhir dan mahasiswa peserta pendidikan profesi juga diperbolehkan ke kampus.

Wakil Rektor I Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni Universitas Jember, Slamin mengatakan, semula mahasiswa angkatan tahun 2020 dan 2021 yang akan diperkenankan mengikuti perkuliahan tatap muka terbatas. Selama ini mereka belum pernah sekalipun ke kampus.

“Namun setelah mendapatkan pertimbangan dan masukan dari berbagai pihak, terutama dari Tim Tanggap Darurat Kesiapsiagaan Bencana Covid-19 Universitas Jember, maka akhirnya diputuskan hanya mahasiswa angkatan tahun 2020 yang boleh mengikuti perkuliahan tatap muka terbatas,” kata Slamin, dilansir Humas Unej, Senin (11/10/2021). Mahasiswa angkatan 2021 masih mengikuti perkuliahan berupa teori atau pengantar yang masih bisa disampaikan dengan daring.

Mahasiswa angkatan 2020 yang akan mengikuti perkuliahan tatap muka terbatas wajib mendapatkan izin orang tua dan sudah mendapatkan vaksin Covid-19 dosis kedua. Mahasiswa dari luar Jember disarankan melakukan karantina mandiri dan melakukan tes swab, baik antigen atau PCR, sebelum hadir di kelas.

Dalam praktek perkuliahan tatap muka terbatas, setiap kelas hanya boleh diisi 50 persen dari kapasitas normalm atau dalam satu kelas hanya boleh diisi maksimal 25 orang. Waktu perkuliahan tatap muka dibatasi maksimal 60 menit. Ada jeda 30 menit sebelum perkuliahan selanjutnya untuk kegiatan pembersihan kelas.

Menurut Slamin, setiap kelas juga wajib dilengkapi fasilitas pendukung dari smart TV dan kamera untuk perkuliahan hibrid hingga hand sanitizer. Setiap bulan, Tim Tanggap Darurat Kesiapsiagaan Bencana Covid-19 Universitas Jember akan melakukan pemindaian dan evaluasi ke semua fakultas dan Pascasarjana agar tidak terjadi penyebaran Covid-19 di kampus. [wir/suf]

 


Apa Reaksi Anda?

Komentar