Pendidikan & Kesehatan

Universitas Jember dan PWI Jatim Sepakati MOU Beasiswa Wartawan

Jember (beritajatim.com) – Universitas Jember dan Persatuan Wartawan Indonesia Jawa Timur menyepakati nota kesepahaman (Memorandum of Understanding) untuk beasiswa pascasarjana bagi wartawan.

Penandatanganan dilakukan Rektor Unej Moh. Hasan dan Ketua PWI Jatim Ainurrohim, di ruang kerja rektor, Selasa (17/12/2019). Acara seremonial ini dihadiri pengurus PWI Jatim Wakil Bidang Pendidikan Abdurrahman Ubaidah, Bendahara Teguh Lulus Rahmadi, Staf Sekretariat Yuwono Hadiningrat, serta pengurus PWI Jember.

Dengan kerjasama ini, maka Universitas Jember memberikan kemudahan bagi para anggota PWI yang memenuhi syarat untuk kuliah pascasarjana di Unej pada semua program studi, kecuali kedokteran. Unej memiliki 22 program studi pascarsarjana.

Hasan mengatakan, MOU ini merupakan payung bagi dua institusi untuk mempermudah saling akses dan mengelaborasinya dalam sejumlah kegiatan. “Selama ini banyak alumni Universitas Jember yang berkarir di dunia kewartawanan walaupun tidak ber-background khusus jurnalistik,” katanya.

Hasan berharap ada realisasi kegiatan yang bermanfaat bagi Unej, seperti ‘PWI Goes to Campus’ dan agenda rutin yang didukung PWI. Sebaliknya, Unej siap memfasilitasi pengembangan sumber daya manusia anggota PWI. “Dengan adanya MOU ini banyak hal yang bisa dikreasi dan bermanfaat bagi kami,” katanya.

Unej juga berharap bisa memfasilitasi akses pendidikan bagi keluarga wartawan. “Tentu tidak dengan sembarangan. Tapi mana kala peluang itu ada akan kami fasilitasi,” kata Hasan.

Sementara itu, Ainurrohim berharap MOU itu bisa segera dilaksanakan. “Meski implementasi itu juga tergantung dari kami, Unej, dan dukungan pihak lain. Kami paham di era sekarang, khususnya di bidang media, peningkatan kapasitas SDM itu penting,” katanya.

“Platform media memang lebih bervariasi. Platform yang berubah menuntut updating SDM di media. Salah satu upaya mengupgrade SDM melalui pendidikan formal. Setelah selesai S1, harapannya bisa berlanjut ke S2. Selesai S2 harapannya bisa ke S3,” kata pria yang juga Direktur Utama beritajatim.com ini.

PWI Jatim berupaya menjalin relasi dan kolaborasi dengan banyak pihak. “Kami berupaya keras pada tahun depan ada beasiswa dari pihak lain yang diberikan kepada anggotanya. Masalah pendidikan jadi prioritas kami,” kata Ainurrohim. (wir/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar