Pendidikan & Kesehatan

Universitas Jember dan Komnas HAM Bersinergi Buka Prodi Magister

Iwan Taruna

Jember (beritajatim.com) – Universitas Jember di Kabupaten Jember, Jawa Timur, bersinergi dengan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) akan membuka Program Studi Magister Hak Asasi Manusia (HAM).

Rektor Iwan Taruna sudah menandatangani naskah kesepahaman (Memorandum of Understanding, MoU) dengan Ketua Komnas HAM Republik Indonesia Ahmad Taufan Damanik secara daring, Senin (31/5/2021) sore.

Unej sudah mengirimkan berkas persyaratan ke Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi pada Desember 2020 lalu. Jika semua persyaratan sudah dipenuhi, Iwan berharap perkuliahan Program Studi Magister HAM bisa dimulai pada semester gasal tahun akademik 2021/2022. Jika terwujud, maka prodi ini adalah prodi hak asasi manusia pertama di Indonesia.

Salah satu persyaratan untuk membuka Program Studi Magister HAM adalah memiliki kerjasama dengan lembaga yang kompeten dengan masalah HAM. “Komnas HAM RI adalah lembaga yang paling kompeten. Oleh karena itu hari ini kita sepakat bermitra dengan Komnas HAM RI,” kata Iwan.

“Banyak bidang kerja Komnas HAM yang beririsan dengan tugas kami di perguruan tinggi semisal penelitian dan sosialisasi HAM,” kata Iwan, sebagaimana dilansir Humas Unej, Rabu (2/6/2021). [wir/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar