Pendidikan & Kesehatan

Universitas Jember Buka Pendaftaran Jalur Mandiri Hari Ini

Rektor Unej Iwan Taruna

Jember (beritajatim.com) – Universitas Jember di Kabupaten Jember, Jawa Timur, mulai membuka pendaftaran dalam jaringan untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Besuki Raya (SBMPTBR) atau dikenal sebagai pendaftaran jalur mandiri, Rabu (15/7/2020). Pendaftaran ditutup pada 29 Juli 2020.

Ujian tulis berbasis komputer (UTBK) akan digelar pada 6 – 12 Agustus 2020, dengan terbagi dua sesi setiap harinya. Pengumuman kelulusan dilakukan pada 24 Agustus 2020.  “Tahun ini lokasi UTBK hanya dibatasi di tiga kota, yakni Jember, Bondowoso, dan Lumajang,” kata Wakil Rektor I bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni Universitas Jember, Zulfikar, sebagaimana dilansir Humas dan Protokol Unej.

Selain itu, lanjut Zulfikar, peserta diberi kesempatan menggunakan nilai UTBK SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) sehingga tidak perlu ikut UTBK SBMPTBR. Proses pendaftaran dan pelaksanaan SBMPTBR tahun ini tetap mengacu kepada protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan, Kementerian Pendidikan dan kebudayaan, dan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 masing-masing daerah.

SBMPTBR ini melibatkan perguruan tinggi swasta di wilayah Besuki Raya. Pendaftar bisa memilih program studi di Universitas Jember, sekaligus berkesempatan memilih program studi di PTS yang turut serta. Penandatanganan naskah kesepahaman (Memorandum of Understanding) dengan para pimpinan PTS di wilayah Besuki Raya dilaksanakan di Unej, Selasa (14/7/2020) kemarin.

Kerjasama ini sudah dilakukan sejak 2015. “Kerjasama dalam seleksi mahasiswa baru hanyalah salah satu dari banyak kerjasama yang dijalankan oleh Universitas Jember dengan kawan-kawan PTS di Besuki Raya. Bahkan model penerimaan mahasiswa baru seperti ini kini mulai direplikasi di wilayah lain. Tahun ini ada 21 PTS yang turut serta, sementara tahun lalu hanya ada delapan belas PTS saja,” kata Rektor Unej Iwan Taruna. [wir/ted]





Apa Reaksi Anda?

Komentar