Pendidikan & Kesehatan

Universitas Brawijaya Putuskan Tetap Kuliah Daring

Instagram Universitas Brawijaya.

Malang (beritajatim.com) – Universitas Brawijaya (UB) Malang memutuskan untuk melakukan perkuliahan secara daring setelah melihat perkembangan kasus Covid-19 yang masih tinggi. Keputusan kuliah daring merujuk pada Surat Edaran Rektor Nomer 6237/UN10/TU/2021 tentang Perkuliahan Tahun Akademik 2021/2022.

Sesuai SE Perkuliahan Tahun Akademik 2021/2022 dilakukan secara daring meliputi proses belajar mengajar, bimbingan, kuliah kerja/praktik lapangan, magang, ujian Tugas Akhir, dan atau bentuk kegiatan terkait perkuliahan lainnya.

 

Praktikum dapat diselenggarakan secara luring dengan mematuhi protokol kesehatan secara ketat dan wajib diawasi oleh Satuan Tugas Covid-19 masing-masing fakultas/program. Keputusan perkuliahan tatap muka harus ditunda karena melihat tingginya kasus Covid-19 yang ada di Indonesia.

“Jadi dengan catatan dari satgas COVID dan beberapa kasus sehingga diputuskan ditunda untuk kuliah tatap mukanya. Beberapa dekan ada yang ditelepon orang tua mahasiswa untuk menunda tatap muka. Begitupula denga rektor banyak ditelepon dan dikirimi pesan elektronik agar kuliah tetap dilakukan secara daring,” kata Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Aulanni’am, drh., DES.

Aul mengatakan, UB sebenarnya telah menyiapkan segala persiapan untuk menyambut pembelajaran tatap muka. Tetapi karena belakangan ini kasus Covid-19 terus tinggi maka keputusan terbaoknya adalah kembali ke kuliah daring.

Sementara terkait kegiatan praktikum yang mendesak dan tidak bisa dilakukan secara daring, satgas Covid-19 masing-masing fakultas sudah mempunyai protokol kesehatannya sendiri.

Fakultas Kedokteran (FK) misalnya, untuk kegiatan praktikum hanya dilakukan bagi mahasiswa pendidikan profesi. Sedangkan bagi mahasiswa strata satu dan magister semua perkuliahan dilakukan secara daring.

“Bagi mahasiswa pendidikan profesi kedokteran yang harus melakukan praktikum di rumah sakit kami memberlakukan protokol kesehatan dengan membatasi waktu praktikum mulai pukul 08.00-12.00 dan seminggu tiga kali saja,” kata Dekan FK UB Dr. dr. Wisnu Barlianto, Msi. Med,Sp.A(K).  [luc/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar