Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

Unisma Malang Masih Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru

Rektor Unisma di salah satu kegiatan entrepreneur mahasiswa

Malang (beritajatim.com) – Rektor Universitas Islam Malang (Unisma) menjelaskan soal milestone kampus di tahun 2023 yang akan masuk pada Entrepreneur University.

Dari hal itu, kata Prof. Dr. H Maskuri, M.Si, Unisma masih membuka peluang pendaftaran bagi mahasiswa baru hingga tanggal 28 september.

“Sekarang pendaftar sudah 3000 lebih, dan kita tetap memberikan kesempatan pada masyarakat luas, bukan hanya di dalam negeri saja. Peluang ini juga berlaku bagi masyarakat internasional, untuk bergabung dengan Unisma.” paparnya saat jumpa media pada Rabu (07/09/2022).

Dia menjelaskan Unisma dalam mempersiapkan sebagai entrepreneur University sudah membekali mahasiswa melalui berkarya dan terus mengupgrade kemampuan dalam mengimplementasikan tentang entrepreneur University.

“Setelah melaksanakan research university sebagai upaya awal menemukan berbagai temuan baru baik terkait dengan ilmu pengetahuan maupun juga inovasi-inovasi. Atau berkaitan dengan temuan yang telah ditemukan dosen maupun mahasiswa Sudah saatnya Unisma bukan hanya menemukan tetapi mengimplementasikan temuan itu.” tukas Rektor Unisma.

Temuan dari dosen dan mahasiswa Unisma, bermitra dengan dunia usaha, industri, masyarakat luas dan birokrasi. Hal itu dilakukan untuk membekali mahasiswa secara kongkrit agar mereka tidak hanya memiliki pengetahuan tetapi juga punya keterampilan.

Mahasiswa juga dibekali cara bermitra dan terbiasa untuk menghasilkan produk bagi kepentingan masyarakat luas.

 

Agar konsep entrepreneur university lebih cepat, imbuh Prof Maskuri, kerjasama dilakukan dengan dunia usaha dan perguruan tinggi di luar negeri. “Jadi sekecil apapun karya dari dosen dan mahasiswa itu jadi tangga mewujudkan unisma sebagai entrepreneur University. Semua ini tidak terlepas dari berbagai kegiatan yang sudah kami lakukan. Mulai dari Good University Government yang memberikan modal dasar , lalu bergeser pada learning University, kemudian saat ini masuk di research University, dan tahun 2023 nanti kita mengarah ke Entrepreneur University. ” imbuhnya.

Konsep entrepreneur university, menurutnya, sudah dimulai dengan seluruh program studi yang memasukkan mata kuliah entrepreneur. Ada juga dukungan dari pemerintah pusat yang diperoleh melalui program matching fund.

“Ada teknologi mesin tepat guna, pengembangan anggrek , kambing tour, dan eduwisata susu. Empat program kedai roka ini telah didapat para dosen yang melibatkan stakeholder terkait. Ini embrio menuju entrepreneur university,” terangnya.

Implementasi program dari pemerintah sudah menetapkan penjaminan mutu, agar terjadi sustainability atau ada keberlanjutan. “Jadi selesai satu program tidak selesai begitu saja, tapi menjadi tangga menuju program yang lebih prestisius Selain itu, dikembangkan juga program inovatif terkait dengan entrepreneur.” jelas Rektor.

Selain itu, pada keterangan akhir, Rektor menjelaskan jika Unisma juga sudah menyiapkan beberapa infrastruktur laboratorium terkait entrepreneur university. Ada laboratorium agrokomplek di Kebonagung yang akan menjadi sentral untuk memproduksi bermacam-macam pengembangan produk pertanian.

” Di daerah Jengglong kami membangun laboratorium khusus untuk pengembangan peternakan. Di Karangploso sudah kita siapkan lahan kurang lebih 80 hektar, 5 hektar di antaranya sudah kita tanami kopi. Sisanya sudah kita desain across motor international, kebun buah-buahan, dan cafe yang didesain sebagai sentral wisata . Sekaligus sebagai pengembangsn kampus dua yang sudah dibuat master plannya,” tutupnya dalam keterangan. (dan/ted)


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Shin Tae Yong Puji Rumput Lapangan Thor Surabaya

Menjajal Mobil Listrik Wuling Air ev