Pendidikan & Kesehatan

UniRank: Unej Peringkat 19 dari 573 Kampus

Jember (beritajatim.com) – Universitas Jember di Kabupaten Jember, Jawa Timur, menduduki peringkat 19 dari 573 kampus perguruan tinggi di Indonesia, berdasarkan penilaian versi 4 International Colleges and Universities (4ICU) UniRank tahun ini.

Penilaian 4ICU UniRank menitikberatkan pada keaktifan perguruan tinggi melaksanakan proses belajar mengajar secara daring internet. Penilaian berdasarkan sistem algoritma dari lima website yang dianggap netral dan independen yaitu Moz Domain Authority, Alexa Global Rank, Similar Web Global Rank, Majestic Reffering Domains, dan Majestic Trust Flow. 4ICU UniRank memiliki kriteria penilaian yang lebih menyoroti bidang keberadaan digital dan tautan melalui laman resmi sebuah perguruan tinggi.

Rektor Unej Iwan Taruna mengatakan, hasil penilaian ini dapat menggambarkan secara umum bagaimana kampus ini memanfaatkan potensi belajar mengajar secara dalam jaringan yang terlaksana sejak 2013. “Media Manajemen Pembelajaran (MMP) sebagai virtual classroom yang dikembangkan Universitas Jember mampu melayani tiga ribu mahasiswa setiap kali jam perkuliahan daring,” katanya, sebagaimana dilansir Humas dan Protokol Unej, Sabtu (13/6/2020).

MMP dipersiapkan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Unej berhasil mengoptimasi perangkat lunak Moodle yang berfungsi sebagai sistem manajemen pembelajaran. “Bahkan kami memadukannya dengan aplikasi lainnya, semisal Big Blue Button dan Jitsi Meet sehingga MMP menjadi blended learning,” kata Iwan.

Penjabat Kepala UPT TIK Universitas Jember Sudarko mengatakan, fasilitas layanan MMP dalam Sistem Informasi Terpadu Universitas Jember sudah sesuai dengan Sistem Pembelajaran Daring Indonesia atau Spada yang dikelola oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. [wir/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar