Pendidikan & Kesehatan

Kembali Berikan Bantuan

Unesa Rencanakan Pembuatan Robot dan Drone

Surabaya (beritajatim.com) – Unesa kembali memberikan bantuan APD (alat pelindung diri) pada beberapa rumah sakit di daerah Surabaya. Bantuan yang diberikan meliputi baju hazmat, face shield, helm face shield, masker, hand sanitizer, serta sepatu boat.

Lima rumah sakit yang hari ini menerima bantuan yakni, RSUD Dr. Soetomo Surabaya, RSUD Sidoarjo, RSUD Jombang, RSUD Nganjuk, dan RS Soedono Madiun. Dana bantuan tersebut berasal dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) dan Unesa Crisis Center (UCC).

Penyerahan bantuan dilakukan secara simbolis oleh Rektor bersama jajarannya kepada pihak RS. Bantuan tersebut meliputi 50 unit baju hasmat untuk RSUD Dr. Soetomo Surabaya, 50 unit baju hasmat untuk RSUD Jombang, dan 50 unit baju hasmat untuk RSUD Nganjuk.

Sebanyak 50 unit baju hasmat yang diterima ketiga rumah sakit tersebut merupakan bantuan kali kedua yang diterima. Sementara untuk RSUD Sidoarjo dan RS Soedono Madiun menerima 50 unit face shield, 50 unit helm face shield, 500 masker, 50 unit baju hasmat, serta 5 pasang sepatu boat.

Dalam penyerahan ini, Rektor Unesa, Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes., menyatakan bahwa Unesa akan terus berupaya memberikan yang terbaik, guna membantu pemerintah memutus mata rantai penyebaran covid-19.

“Jadi, upaya kita, sivitas akademika Unesa sangat konsen membantu pemerintah, disamping untuk memutus mata rantai covid ini, juga Unesa peduli dampak-dampak dari covid ini, baik itu dampak sosial maupun psikologis,” ujar Nurhasan.

Nurhasan juga menjelaskan, selain menyiapkan APD, Unesa khususnya Fakultas Teknik (FT) juga sedang menyiapkan robot. Robot ini nantinya diharapkan bisa membantu kerja para dokter dan perawat dalam melakukan tugas mereka.

Tidak hanya robot, menurut Nurhasan, selain secara terus menerus memproduksi APD untuk disalurkan ke Puskesmas dan rumah sakit, Unesa juga sedang berupaya menyiapkan drone yang nantinya bisa digunakan masyarakat untuk melakukan kegiatan pencegahan menyebaran covid-19, seperti penyemprotan disinfektan. Semua itu disediakan oleh Unesa secara gratis untuk masyarakat sebagai bentuk kepedulian dan pengabdian Unesa kepada masyarakat, khususnya Bangsa Indonesia.

“Disamping menyiapkan 1600 unit APD yang nantinya akan kita berikan kepada beberapa Puskesmas atau rumah sakit yang sudah berkoordinasi. Kami juga sedang proses menyiapkan robot yang bisa membantu para perawat dalam mengantarkan makanan dan perlengkapan lain yang dibutuhkan pasien. Selain itu, kita juga sedang menyiapkan drone utnuk membantu masyarakat ketika semprot disinfektan,” tambah Nurhasan.

Unesa sendiri secara khusus bekerja sama dengan pihak-pihak terkait guna memproduksi APD yang sesuai standar agar bisa digunakan para garda terdepan dalam memerangi covid-19. Ini merupakan bentuk nyata kepedulian Unesa untuk turut andil membantu pemerintah dalam memerangi covid-19 yang sekarang sedang mewabah di Indonesia. [adg/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar