Pendidikan & Kesehatan

Unesa Gandeng CULS Praha Tingkatkan Bidang Akademik

Surabaya (beritajatim.com) – Unesa menandatangani nota kesepahaman kerjasama dalam bidang akademik dengan Czech University of Life Sciences (CULS) Praha, Kamis (8/8/2019).

Tujuan kerjasama ini adalah meningkatkan bidang akademik, baik dalam pembelajaran maupun penelitian. Diharapkan, kinerja akademik dosen dan mahasiswa Unesa makin baik.

Kerjasama itu meliputi pertukaran mahasiswa dan dosen, kolaborasi kegiatan penelitian, partisipasi dalam seminar dan pertemuan akademik, pertukaran informasi dan bahan akademik, dan Kegiatan-kegiatan publikasi yang saling menguntungkan.

Rektor Unesa Prof Nurhasan, M.Kes mengatakan bahwa Unesa telah siap dengan bentuk kerjasama ini dengan sistem beasiswa penuh kepada mahasiswa CULS. “Unesa siap memberikan beasiswa penuh kepada mahasiswa CULS utk program sarjana (bachelor), kecuali biaya penerbangan. Untuk pengurusan visa, kami siap membantu sepenuhnya,” ujarnya.

Nurhasan juga berharap bisa mengirimkan setidaknya 5 mahasiswa untuk belajar di CULS. Untuk itu, Unesa siap menyeleksi internal yang disesuaikan dengan persyaratan masukĀ  CULS.

Perwakilan CULS Prof. David Herak, Ph.D menyambut baik penawaran Unesa. Namun, kriteria akademik tetap dinomorsatukan. “Untuk fakultas teknik di CULS, selain bagus dalam Matematika, calon maba harus mampu berbahasa Inggris aktif. Tesnya online, dan wawancara lewat skype,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu juga disepakati sejumlah kegiatan yang akan dilaksanakan. Hal-hal spesifik lainnya segera tertuang ke dalam letter of agreements. “Saya berharap bisa memenuhi undangan Unesa pada Oktober atau November mendatang,” tutur Herak.

Selain Rektor, hadir dalam penandatanganan tersebut Wakil Rektor bidang Perencanaan dan Kerjasama Unesa Dr. Sujarwanto dan pihak KBRI untuk Republik Ceko. Selepas kegiatan tersebut, rombongan diterima Kedubes dalam ramah tamah yang hangat.

Unesa juga merintis kerjasama dengan Charles University dan Alomouc University. Sudah ada pembicaraan awal, dan akan segera ditindaklanjuti dengan langkah yang lebihserius. Proses penyelesaikan akan dibantu sepenuhnya oleh pihak KBRI. [adg/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar