Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

Unesa Catatkan Rekor MURI, Terbanyak Teken MoU dengan Pemda

Unesa melakukan penandatangan MoU dengan 173 Pemda

Surabaya (beritajatim.com) – Universitas Negeri Surabaya (Unesa) mencatatkan rekor MURI sebagai perguruan tinggi yang menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dan Memorandum of Agreement (MoA) dengan Pemda terbanyak, yakni 173 pemda-kecamatan.

Rektor Unesa Prof Dr Nurhasan mengatakan, MURI ini sebagai kado ulang tahun ke-58 Unesa. Kerja sama ini, kata dia, satu sisi dalam rangka pencapaian indikator kinerja utama (IKU) menuju PTN-BH dan maksimalisasi implementasi merdeka belajar dan kampus merdeka (MBKM).

Nurhasan menyebut, kolaborasi ini untuk semakin membuka ruang belajar yang seluas-luasnya bagi mahasiswa dalam mengembangkan diri dan kompetensi sesuai bidang keilmuannya. Termasuk bagi dosen dalam melakukan program riset maupun pengabdian masyarakat.


“Kampus ini saya ibaratkan rumah makan padang yang punya banyak menu favorit. Mahasiswa tinggal memilih menu yang sesuai selera, bisa rendang atau yang lain. Dalam artian mahasiswa tinggal memilih program mana yang sesuai passion, minat atau bakat serta rencana karir masa depan mereka. Kami siapkan dan fasilitasi, salah satunya lewat kolaborasi yang keren ini,” ujar Nurhasan, Senin (15/8/2022).

Di sisi lain, Nurhasan menjelaskan, bahwa sinergi ini juga untuk sama-sama mendorong kemajuan daerah Jatim mulai dari tingkat provinsi, kecamatan, desa hingga rukun tetangga (RT) dan rukun warga (RW).

Unesa melakukan penandatangan MoU dengan 173 Pemda

Ia menambahkan, bahwa Unesa, baik dosen, tendik maupun mahasiswa harus menjadi katalisator pembangunan daerah hingga di desa-desa. SDM Unesa satu langkah di depan harus melahirkan terobosan dan lompatan penting bagi masyarakat, bangsa dan negara.

“MURI ini sebagai motivasi bagi Unesa sendiri untuk meningkatkan kualitas kinerja dan memberikan kontribusi terbaiknya untuk masyarakat Indonesia. Ini juga untuk memotivasi kampus lain dalam memperkuat sinergi dengan pemerintah dan institusi lainnya,” imbuhnya.

Sementara itu, Sri Widayati Senior Manager MURI menerangkan, pencatatan MURI bagi Unesa ini bukanlah yang pertama. Sebelumnya, Unesa juga mencatatkan rekor memprakarsai pantomim di kereta api dengan manipulasi olahraga peserta terbanyak pada Mei 2013.

Lalu menyanyikan lagu nasional dengan bahasa isyarat oleh mahasiswa terbanyak pada Desember 2018. Kemudian flashmob dengan unsur tari remo oleh penari terbanyak pada Desember 2019. Serta penandatanganan kerja sama universitas dengan SMK negeri dan swasta terbanyak, 837 SMK pada Desember 2021.

“Pada hari ini, kami bersyukur berada di sini dalam rangka acara puncak Dies Natalis ke-58 Unesa mencatatkan MURI kelimanya. Semoga Unesa makin jaya dan sukses dengan berbagai prestasi yang diraih,” terangnya.

Sebagai informasi, penandatanganan kerja sama dilakukan pimpinan, jajaran fakultas dan prodi bersama mitra yang bersangkutan secara luring dan daring dalam acara puncak Dies Natalis ke-58 Unesa yang digelar di Graha Unesa, Kampus Lidah Wetan, Surabaya, Senin, 15 Agustus 2022. [ipl/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Shin Tae Yong Puji Rumput Lapangan Thor Surabaya

Menjajal Mobil Listrik Wuling Air ev