Pendidikan & Kesehatan

Unesa Buka Kampus di Magetan, Ini Kata Ketua PGRI

Magetan (beritajatim.com) – Rencana Universitas Negeri Surabaya (Unesa) membuka Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) di Magetan mendapat sambutan positif dari Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Magetan.

“Ada banyak sisi positifnya. Pertama soal akses pendidikan untuk generasi muda Magetan yang semakin terjangkau. Kedua perputaran roda perekonomian juga akan menggeliat cepat. Ketiga, perkembangan daerah juga akan semakin maju dan dinamis,” kata Ketua PGRI Magetan, Sundarto kepada beritajatim.com, Minggu (23/5/2021).

Berdasar koordinasi terakhir dengan Pemkab Magetan, pihak Unesa akan me-launching tiga prodi baru di kampus Magetan pada 8 Juni 2021 nanti. Yaitu, prodi S-1 PGSD, prodi S-1 Pendidikan Jasmani dan prodi S-1 Pendidikan IPA.

Sedangkan perkuliahan akan menggunakan gedung SMA PGRI Maospati. Hingga Unesa membangun gedung perkuliahan sendiri. “Yang jelas, kami, PGRI justru yang menawarkan pertama kali untuk menggunakan gedung SMA PGRI Maospati,” ungkap Sundarto.

Berangkat dari tawaran PGRI Magetan itulah, pihak pemkab dan Unesa melakukan survei lokasi. Dan, SMA PGRI Maospati dinilai layak. “Ini bagian dari kontribusi PGRI terhadap dunia pendidikan,” terang Sundarto.

Meski SMA PGRI Maospati di bawah naungan PGRI Magetan, kata Sundarto, pihaknya juga mengajak bicara sekolah. “Waktu itu kepada pihak sekolah, saya sampaikan bahwa komitmen ini (pemkab, Unesa dan PGRI, red) adalah kebijakan PGRI Magetan selaku yang menaungi SMA PGRI Maospati,” katanya.

Ke depan, pihaknya berharap Unesa menjadikan SMA PGRI Maospati sebagai sekolah laboratorium. Dengan begitu, keberadaan sekolah tersebut akan kembali mendapat kepercayaan dari masyarakat.

“Saat ini, sekolah-sekolah di bawah naungan PGRI semakin minim siswa. Harapan kami dengan menjadikan SMA PGRI Maospati sebagai sekolah laboratorium maka sekolah dengan sendirinya terangkat kembali,” paparnya.

Jadi, Sundarto merasa perlu menegaskan bahwa pihaknya sudah mempertimbangkan masak-masak penggunaan SMA PGRI Maospati sebagai tempat perkuliahan Unesa. Termasuk tentang memorandum of understanding (MoU). “Jadi ini merupakan kontribusi nyata PGRI demi Magetan,” tandasnya. [kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar