Pendidikan & Kesehatan

Unej Press Perlu Diversifikasi Produk

Kepala Unit Pelayanan Terpadu Penerbitan Universitas Jember Ristya Widi Endah Yani

Jember (beritajatim.com) – Jumlah buku yang diterbitkan Unit Pelayanan Terpadu Penerbitan dan Percetakan Universitas Jember ‘Unej Press’ di Kabupaten Jember, Jawa Timur, hingga April 2020 ini mencapai 30 judul. Ada tren meningkat, namun perlu ada diversifikasi produk.

Tahun 2018, Unej Press menerbitkan 37 judul buku mandiri. Setahun berikutnya, sebanyak 41 judul buku mandiri dan 26 judul buku yang dibiayai dari program hibah diterbitkan. Sementara itu, hingga April 2020, ada 19 judul buku mandiri dan 11 judul buku yang dibiayai program hibah diterbitkan. “Saya melihat apresiasi dosen sudah bagus,” kata Kepala Unit Pelayanan Terpadu Penerbitan Universitas Jember Ristya Widi Endah Yani kepada beritajatim.com, Senin (27/4/2020).

Semakin masifnya penggunaan sistem dalam jaringan internet (online) dalam aktivitas perkuliahan ikut mempengaruhi produktivitas Unej Press. “Kalau dulu sebelum online, semua percetakan di tingkat fakultas dan UPT ke Unej Press: semua penerbitan proceeding jika ada seminar, buku petunjuk, silabus, dan lain-lain. Tapi sejak online, semua sudah beralih ke sistem Sister,” kata Ristya.

Saat ini, Unej Press lebih berkonsentrasi pada penerbitan buku-buku ajar, buku referensi, buku teks, dan monograf. Tidak ada fakultas maupun dosen yang menonjol dalam hal produktivitas menerbitkan buku di Unej Press. Penjualan buku-buku ini juga dilakukan secara online di Bukalapak, Tokopedia, dan Google Books.

Selain kalangan internal, Unej Press juga menerbitkan karya di luar sivitas akademika Unej. Menurut Ristya, ada dosen dan alumni program doktoral Universitas Airlangga yang menerbitkan karya mereka di Unej Press.

Namun Unej Press tak bisa bertahan hanya dengan kegiatan inti penerbitan. Ristya ingin ada diversifikasi produk usaha. “Saya ingin membuka layanan fotokopi umum. Selama ini belum ada. Biar mahasiswa tidak keluar kampus untuk fotokopi buku. Saya juga ingin semua yang berbau percetakan ke Unej Press, seperti skripsi, buku kenangan, dan buku wisuda. Tapi kami masih terkendala alat dan tenaga. Selain itu, kami ingin meluas tak hanya ke percetakan, tapi juga sablon kaos untuk event-event seperti dies natalis dan lain-lain,” kata Ristya. [wir/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar