Pendidikan & Kesehatan

Unej Perlu Banyak Penyesuaian Konsep Kampus Merdeka

Rektor Universitas Jember Iwan Taruna

Jember (beritajatim.com) – Rektor Universitas Jember Iwan Taruna di Kabupaten Jember, Jawa Timur, mengatakan, diperlukan banyak penyesuaian untuk menerapkan konsep merdeka belajar yang dicanangkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

“Perguruan tinggi perlu membangun konsep kurikulum yang baik terkait penerapan merdeka belajar di kampus masing-masing,” kata Iwan, sebagaimana dilansir Humas dan Protokoler Universitas Jember, Rabu (17/6/2020).

Iwan mengatakan, sebenarnya selama ini Universitas Jember telah melakukan praktik kampus merdeka. Ia mencontohkan beberapa program studi telah mewajibkan mahasiswa magang di tempat-tempat industri, seperti Fakultas Teknologi Pertanian dan Fakultas Teknik.

“Hanya saja selama ini durasinya memang berkisar 40 hari saja. Jadi tinggal disesuaikan saja masalah durasi dan konsep yang ada dalam kebijakan kampus merdeka. Alhamdulillah Universitas Jember sudah selesai menyusun panduan implementasi merdeka belajar. Target kami semoga bisa kami implementasikan pada semester gasal tahun ajaran 2020/2021,” kata Iwan. [wir/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar