Pendidikan & Kesehatan

Unej Gandeng PTS dalam SBMPTBR

Jember (beritajatim.com) – SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) dan SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) bukan satu-satunya jalur untuk bisa kuliah di Universitas Jember di Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Selain membuka pendaftaran mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN, Universitas Jember juga menerima mahasiswa baru dari jalur mandiri, yakni Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Besuki Raya (SBMPTBR).

Pendaftaran jalur Penelusuran Minat dan Kemampuan-Diploma (PMDK-Diploma) dibuka hingga 14 Juni 2019. Sementara untuk SBMPTBR reguler dibuka dari 14 Juni hingga 11 Juli 2019. Informasi lengkap dapat dilihat melalui unej.ac.id atau berkonsultasi langsung dengan Humas dan Protokol Universitas Jember.

“Tahun ini Universitas Jember membuka dua macam jalur penerimaan di SBMPTBR,” kata Kepala Humas Universitas Jember Agung Purwanto, sebagaimana dilansir Humas dan Protokoler Universitas Jember di Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Pertama, jalur Penelusuran Minat dan Kemampuan-Diploma (PMDK-Diploma), yakni jalur bagi peserta yang ingin kuliah di pendidikan vokasi berdasarkan nilai rapor alias tanpa tes. Kedua, jalur reguler SBMPTBR yang meliputi jenjang sarjana dan diploma, yang seleksinya menggunakan tes.

Unej menggandeng perguruan tinggi swasta dalam proses pendaftaran SBMPTBR. Jadi peserta bisa memilih Universitas Jember dan PTS yang tersebar dari Probolinggo hingga Banyuwangi.

Seleksi SBMPTBR jalur reguler memakai sistem UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) yang dilaksanakan di Kampus Unej. (wir/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar