Pendidikan & Kesehatan

Unej Bebaskan Uang Kuliah Tunggal Ribuan Mahasiswa

Jember (beritajatim.com) – Universitas Jember di Kabupaten Jember, Jawa Timur, membebaskan uang kuliah tunggal (UKT) semester gasal tahun akademik 2020/2021 bagi 8.248 orang mahasiswa. Mayoritas adalah mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi.

Tercatat, 6.531 orang penerima pembebasan UKT itu adalah mahasiswa tingkat akhir atau yang tengah menempuh tugas akhir atau skripsi. Sementara itu sisanya adalah 549 mahasiswa semester tiga, 750 mahasiswa semester lima, dan 598 semester tujuh.

Tak hanya pembebasan UKT, Unej juga memberikan bantuan relaksasi. Sebanyak 1.524 mahasiswa menerima bantuan berupa penurunan golongan UKT satu tingkat di bawah penetapan UKT awal, 1.569 mahasiswa diberikan kesempatan mengangsur UKT sebanyak tiga kali, dan 287 mahasiswa mendapatkan bantuan berupa penundaan pembayaran UKT.

Kepala Sub Bagian Humas Universitas Jember Rokhmad Hidayanto, mengatakan, khusus untuk bantuan relaksasi berupa kesempatan mengangsur, maka pembayaran UKT dicicil tiga kali, yakni pada awal semester, sebelum pelaksanaan ujian tengah semester, dan sebelum pelaksanaan ujian akhir semester. “Kemudian untuk penundaan UKT, kami berikan kesempatan mahasiswa untuk membayar UKT selambatnya sebelum pelaksanaan Ujian Tengah Semester,” katanya, sebagaimana dilansir Humas dan Protokol Unej, Selasa (4/8/2020).

Saat ini hingga 30 Juni 2020, tercatat ada 29.021 mahasiswa Universitas Jember yang berstatus aktif kuliah, terdiri dari mahasiswa jenjang diploma, sarjana, profesi dan pascasarjana. Program bantuan UKT dan relaksasi UKT ini sementara hanya diperuntukkan mahasiswa diploma dan sarjana. “Sementara bagi mahasiswa yang sudah menerima beasiswa tertentu seperti beasiswa Bidikmisi memang tidak diperkenankan mendaftarkan diri dalam program bantuan UKT dan relaksasi UKT supaya memenuhi azas keadilan dan pemerataan,” kata Rokhmad. [wir/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar