Pendidikan & Kesehatan

UNBK Kejar Paket C Tuntas Digelar, Tingkat Kehadiran 98 Persen

Sumenep (beritajatim.com) – Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2019 untuk pendidikan kesetaraan paket C, tuntas dilakukan selama empat hari mulai Jumat hingga Senin (12-15 April 2019).

Bupati Sumenep, A. Buysro Karim menyempatkan diri untuk melihat langsung pelaksanaan UNBK pendidikan kesetaraan paket C di dua Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), yakni Raudlatul Islam Tarogan Lenteng, dan PKBM Al Hikmah Kecamatan Ganding.

“Kesadaran peserta ini luar biasa. Mereka tetap semangat mengikuti UNBK, meski beberapa peserta umurnya sudah tidak muda,” kata Bupati.

Ia menjelaskan, melihat dari presensi yang ada, tingkat kehadiran dalam pelaksanaan UNBK selama 4 hari cukup tinggi.

“Di dua PKBM ini, yang satu pesertanya lengkap, yang satu lagi hanya satu yang absen. Jadi tingkat kehadirannya 98 persen lah. Ini luar biasa,” ujarnya.

Ia menuturkan, secara pribadi, kemampuan dan keilmuan tiap orang harus terus ditingkatkan, karena akan masuk pada seleksi sosial.

“Sekarang ini sudah tidak waktunya bergantung pada org lain. Apalagi secara administratif sudah banyak tuntutan kerja harus punya ijazah. Karena itu, salah satunya ya melalui pendidikan luar sekolah berupa kejar Paket C,” ucapnya.

Sementara Plt Kepala Dinas Pendidikan Sumenep, Mohammad Saidi menjelaskan, untuk UNBK 2019 pendidikan kesetaraan Paket C, terdapat 54 penyeenggara dengan total peserta 1226 orang, baik wilayah kepulauan maupun daratan.

“Semuanya sudah UNBK 100 persen, termasuk di kepulauan. Sejauh ini kami tidak mendapat laporan adanya kendala. Alhamdulillah semuanya lancar. Tetapi kalau toh misalnya ada kendala terkait jaringan, maka UNBK bisa dilakukan secara offline,” terangnya. (tem/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar