Pendidikan & Kesehatan

Unair Tetap Lanjutkan Penelitian Virus Corona

Surabaya (beritajatim.com) – Rektor UNAIR Prof. M. Nasih menegaskan jika pihaknya tetap melanjutkan penelitian terkait Virus Corona yang telah dilakukan. Hal itu Ia ungkapkan pada konferensi pers bersama Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, Kamis (3/3/2020).

“Kita tetap membuka diri terhadap semua penugasan. Baik dari Pemkot Surabaya maupun Pemerintah Pusat. Tidak ada penelitian yang kami hentikan. Itu komitmen kami sebagai akademisi maupun dokter,” kata Prof. Nasih.

Menurut Guru Besar FEB UNAIR ini, langkah itu diambil dengan melihat histori Universitas Airlangga. “RS kami sudah terbukti memiliki histori menangani penyakit-penyakit menular. Kita punya dokter yang luar biasa. Perawat perawat yang berpengalaman juga,” bebernya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur RS UNAIR (RSUA) Prof. Nasronudin turut memastikan jika peralatan yang dimiliki telah berstandard internasional. “Kami sudah punya tim terdiri dari lembaga penyakit tropis dan para pakar di sektor terkait dalam penanganan masalah ini. Sinergi dengan Pemkot Surabaya pun semakin memantapkan kemampuan kami untuk itu. Peralatan yang kami gunakan juga sudah memenuhi standar WHO,” tegasnya.

“Tim bentukan Rektor sangat tangguh. Siap melanjutkan penelitian untuk pengembangan vaksin,” tambah Prof. Nasronudin.

Di sisi lain, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini turut mengajak masyarakat untuk senantiasa mengkonsumsi empon-empon. Berdasarkan penelitian, jenis bahan makanan itu mampu meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak terserang Virus Corona.

“Warga tidak usah panik. Ayo gunakan produk herbal yang sudah teruji. Seperti misalnya yang sudah dihasilkan teman-teman UNAIR ini. Nenek moyang kita dulu sudah membuktikan terkait khasiat herbal,” pungkas Wali Kota Surabaya dua periode itu. [ifw/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar