Pendidikan & Kesehatan

Unair Siap Jadi Rujukan Pusat Penanganan Corona

Prof Maria Lucia Inge Lucida, Ketua Institut Tropical Disease (ITD) Universitas Airlangga (Unair)

Surabaya (beritajatim.com) – Institute Tropical Disease atau Lembaga Penyakit Tropis milik Universitas Airlangga dipercaya menjadi salah satu pusat rujukan penanganan virus corona atau Covid 19.

Penunjukan ini, dibacakan langsung oleh Juru Bicara Satgas Penanggulangan Corona Pemerintah Indonesia, Achmad Yurianto di Istana Negara, Jumat malam kemarin (13/3).

Terkait hal tersebut ITD sebenarnya telah memiliki reagen Covid 19 sejak Januari lalu. Namun selama ini laboratorium dan pusat tes Covid 19 dilakukan secara terpusat di Balitbangkes. Oleh karenanya ITD Unair menyambut baik putusan tersebut. Prof Maria Lucia Inge Lusida, selaku ketua ITD/LPT mengatakan bahwa dirinya telah mengetahui kabar tersebut.

“Saya pribadi sudah tahu kabar terkait putusan ITD/LPT jadi pusat rujukan secara informal, tapi surat perintah resminya saya belum lihat, mungkin pak Rektor sudah,” ungkap Prof Inge, Sabtu (14/3/2020).

Ia pun mengatakan siap, pasalnya saat ini di ITD/LPT telah memiliki 2000 reagen Covid 19. Dan selama merebaknya virus ini, ITD masih menggunakan tidak lebih dari 50 reagen.

“Secara alat dan sistem kami sudah siap. Nanti kalau stok reagennya sudah menipis kami akan pesen lagi,” ujarnya.

Menurutnya penunjukan ini dikarenakan sudah merebaknya virus Covid 19 di Indonesia. Terlebih Surabaya menjadi salah satu tempat yang dalam pemantauan.

“Kalau reagen dan lainnya dekat kan penanganan menjadi lebih mudah, untuk durasi juga menjadi lebih singkat daripada harus dikirim terlebih dahulu ke Jakarta,” tambahnya. [adg/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar