Pendidikan & Kesehatan

Unair Kolaborasi Luncurkan Alat Deteksi Stres Akibat Covid-19

Surabaya (beritajatim.com) – Selama merebaknya pandemi Covid-19, banyak informasi yang meresahkan sehingga menyebabkan ketakutan dan stress. Isu inilah yang ditangkap oleh Departemen Ilmu Kesehatan Gigi Masyarakat (IKGM) Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Airlangga bekerja sama dengan tim dari kelola.net.

“Covid-19 ini sangat dapat memperburuk keadaan di masyarakat, hal ini bisa disebabkan karena munculnya kecemasan berlebih dikarenakan terlalu banyak paparan kabar maupun pemberitaan sehingga menyebabkan masyarakat menjadi lebih rapuh dan lebih stress. Ini malah menimbulkan dampak negatif ke tubuh,” papar Dr. Taufan Bramantoro, drg., M.Kes, Kepala Departemen Ilmu Kesehatan Gigi Masyarakat (IKGM) FKG Unair.

Menurut Taufan, yang menjadi masalah adalah ada stres yang terasa dan ada juga tidak terasa, tapi keduanya memiliki dampak negatif pada tubuh. “Terpikir untuk mengembangkan alat bantu untuk mengukur level stres sekaligus memberi solusi yang ternyata juga sudah dirilis oleh badan kesehatan dunia atau WHO,” lanjutnya.

Alat ukur itu merupakan alat ukur web-based sehingga sangat praktis dan dapat diakses kapanpun dan dimanapun hanya dengan mengakses https://kelola.net/kelola-stres/ dari gadget atau laptop.

“Kondisi stres juga bisa berpotensi memperburuk kondisi orang yang sebenarnya sehat-sehat saja sehingga perlu dikendalikan,” ucap Taufan.

CEO kelola.net Farkhan Azmi, drg., M.Kes mengatakan bahwa dengan mengidentifikasi tingkat stres dan mengetahui solusi sesuai arahan WHO, tingkat kecemasan di masyarakat pada umumnya dapat berkurang. Sementara bagi masyarakat yang berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP), Pasien Dengan Pengawasan (PDP), dan juga pasien terkonfirmasi, diharapkan dapat meningkatkan harapan kesembuhan.

“Alat ukur ini merupakan hasil kolaborasi kami kelola.net dengan Departemen Ilmu kesehatan Gigi Masyarakat FKG Unair dan Ikatan Peminatan Kesehatan Gigi Masyarakat Indonesia (IPKESGIMI),” lanjut alumnus FKG Unair angkatan 2006 itu. [but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar