Pendidikan & Kesehatan

Unair dan PT Pelindo III Tandatangani MoU untuk Kalaborasi Magang dan Riset

Surabaya (beritajatim.com) – Universitas Airlangga (Unair) menandatangani MoU dengan PT Pelindo III, terkait program mahasiswa magang, Kamis (15/4/2021).

Kerjasama ini merupakan kolaborasi antara industri dan akademisi yang selaras dengan Program Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar. Sebelumnya kolaborasi ini sudah terjalin antara PT Pelindo III dengan Unair, tetapi melalui penandatangan MoU ini kerjasama tersebut pun dilegalkan.

Kerjasama ini meliputi program magang bagi mahasiswa dan kajian penelitian bagi dosen dan tenaga pendidik. Edi Priyanto, Direktur SDM Pelindo III mengatakan bahwa silabus dan kegiatan magang akan diintegrasikan dengan mata kuliah yang diambil.

“Selain silabus akan disambungkan dengan matakuliah, kami juga menyiapkan sertifikat industri yang seluruh aktivitas dan kompetensi dari mahasiswa magang akan terdata disana. Sertifikat Industri ini tidak hanya bermanfaat untuk menunjukkan kompetensi tapi juga untuk peluang kerja yang lebih baik,” ujar Edi.

Di PT Pelindo III, mahasiswa pemangang akan didampingi mentor dan berkerja sama dalam kajian akademis. Selain itu, kerjasama ini juga diperlukan bagi PT Pelindo dan upaya kajian penelitian yang membangun kualitas management yang lebih baik melalui sisi akademis.

“Kami membutuhkan kajian dan penelitian dari perspektif akademis. Sinergi dan kolaborasi ini juga untuk mensupport kami dalam manangement talenta meningkatkan kualitas sumber daya manusia,” tukasnya.

Prof Muh Nasih, selaku Rektor Unair pun mengatakan bahwa peluang belajar bagi mahasiswa magang sangat luas disediakan oleh PT Pelindo III.

“Ada banyak kompetensi yang bisa dimanfaatkan di Pelindo III tidak hanya masalah perkapalan, tapi ada managemen keuangan, ekspor impor, dan lainnya. Disamping itu ada juga riset kolaborasi yang bisa dilakukan bersama,” tukasnya. [adg/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar