Pendidikan & Kesehatan

UNAIR Buka Pendaftaran 22 Prodi untuk Jalur Vokasi Gelombang II

Surabaya (beritajatim.com) – Meski jalur masuk melalui SNMPTN, SBMPTN, dan Mandiri telah berakhir, Universitas Airlangga masih memberikan kesempatan bagi siswa-siswi SMA yang ingin menjadi bagian dari mahasiswa UNAIR. Yaitu, melalui jalur Vokasi Gelombang II yang terbuka untuk prodi D3, D4, dan alih jenis.

Mengenai dibukanya jalur tersebut, Ketua PPMB UNAIR Dr. Achmad Solihin mengatakan bahwa untuk jalur Vokasi Gelombang II ini kuota yang tersedia sebanyak 600 mahasiswa dengan 22 pilihan program studi (prodi) yang terdiri dari 17 prodi D3, 3 Prodi D4, dan 2 Prodi Alih Jenis.

Pendaftaran Vokasi Gelombang II dibuka secara online pada 18 – 24 Juli. Calon mahasiswa dapat mendaftar melalui https://pendaftaran.unair.ac.id/

Prodi D3 yang dibuka yaitu (Departemen Bisnis) Akuntansi, Perpajakan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Perbankan, Adminitrasi Perkantoran, Manajemen Perhotelan, Kepariwisataan / Bina Wisata, Bahasa Inggris; (Departemen Kesehatan) Teknologi Laboratorium Medis, Fisioterapi, Pengobat Tradisional, Teknik Gigi, Paramedik Veteriner, Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Keperawatan (AKPER Lamongan & Gresik); dan (Departemen Teknik) Sistem Informasi, Otomasi Sistem Instrumentasi, dan Perpustakaan

Prodi D4 tersedia untuk Prodi Pengobat Tradisional, Fisioterapi, dan Teknologi Radiologi Pencitraan. Sedangkan Alih Jenis tersedia untuk Prodi S1 Kebidanan dan S1 Keperawatan.

Tes tulis akan dilaksanakan di Surabaya, pada 28 Juli 2019. Materi yang diujikan meliputi Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Kemampuan Akademik (TKA).

Tes Potensi Akademik (TPA) meliputi kemampuan verbal, numerik, dan penalaran. Sementara Tes Kemampuan Akademik (TKA) untuk bidang Soshum materi meliputi Matematika, Sosiologi, Ekonomi, Geografi, Sejarah, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, dan Wawasan Kebangsaan.

Untuk bidang Sains meliputi Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, dan Wawasan Kebangsaan. Tidak dibuka untuk Ilmu Pengetahuan Campuran (IPC) dan Ada tambahan wawancara untuk prodi D3 Bahasa Inggris.

“Calon mahasiswa yang diperbolehkan mendaftar pada seleksi ini adalah lulusan tiga tahun terakhir. Yakni lulusan tahun 2017, 2018, dan 2019. Serta Untuk jalur vokasi, Rektor UNAIR Prof Moh Nasih memberikan prioritas khusus bagi lulusan SMK,” ujar Solihin.

Biaya pendaftaran sebesar 250 ribu untuk D3, dan 300 ribu untuk D4 dan Alih Jenis. Untuk informasi lebih lanjut soal penerimaan mahasiswa baru UNAIR dapat diakses melalui laman http://ppmb.unair.ac.id/. [adg/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar