Pendidikan & Kesehatan

Unair Akan Tambah Alat Tes Swab Baru

Surabaya (beritajatim.com) – Universitas Airlangga (Unair) akan memesan alat khusus untuk melakukan test swab. Hal ini disampaikan langsung oleh Rektor Unair Prof Muh Nasih, Rabu (18/3/2020).

Prof Nasih mengatakan bahwa saat ini Unair sudah memiliki 2 alat yakni BSL3 dan PCR, tetapi karena hanya ada 3 instansi di Indonesia yang memiliki alat berstandar Internasional tersebut menyebabkan kemungkinan penumpukan.

“Kita sadar bahwa kapasitas kita tidak sangat banyak, untuk itu ITD berencana dan telah mendapat support untuk menambah alat untuk pengujian yang sekali running bisa memproses 1000 sample,” ujar Prof Nasih.

Prof Nasih mengataka bahwa alat ini disumbang oleh Kemenkes dan dipesan di luar negeri.

“Pesannya di luar negeri tapi dengan situasi seperti ini akan sangat sulit dan membutuhkan waktu pesa yang lama. Alat itu sudah koordinasikan dengan Kemenkes. Datangnya nanti di Kemenkes, kita hanya menerima saja, hanya beberapa instansi saja yang mendapatkan alat baru tersebut,” katanya.

“Ya kita tidak meminta tapi dengan adanya alat itu, diharapkan nanti saat benar benar outbreak maka sebanyak apapun yang kita butuhkan bisa berproses dengan lebih cepat,” pungkasnya. [adg/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar