Pendidikan & Kesehatan

Ulat Grayak Serang Tanaman Jagung Petani Kediri

Kediri (beritajatim.com) — Tanaman jagung milik petani di Desa Paron, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri diserang ulat grayak. Hama yang satu ini berasal dari Luar Negeri.

Ulat grayak menyerang tanaman jagung mulai usia satu bulan. Ulat memakan batang dan daun jagung milik mereka.

Samsu (65), salah seorang petani jagung mengaku, hampir seluruh tanaman miliknya, seluas 200 Ru dan milik petani lainnya diserang hama ulat grayak. Serangan hama ini mulai terjadi sejak dua minggu terakhir.

“Tanaman jagung yang diserang ulat ini berusia satu bulan lebih. Seluruh tanaman jagung yang ada dipenuhi ulat mulai dari batang sampai daunnya. Setiap batang jagung lebih dari 5 ulat menyerang. Bahkan ulat yang ada sampai bertelur dan beranak di batang jagung,” ujarnya.

Menurut Samsu, seluruh obat dan racun serangga sudah diberikan mulai dari disemprot sampai di tabur di batang jagung.

“Dua Minggu terakhir ini saya telah memberikan zat pestisida terhadap tanaman jagung saya sebagai upaya membasmi hama ulat tersebut. Namun tetap saja hasilnya nihil. Justru serangan ulat semakin parah,” keluhnya.

“Padahal bibit yang digunakan merupakan bibit unggul yang terbaik. Begitu juga dengan pupuk selalu rutin dilakukan. Sekarang kondisi daunnya saja sudah digerogoti seperti ini. Tidak tetap hidup,” ucapnya pasrah.

Ditanya soal penyebab terjadinya hama ulat sendiri, Samsu mengaku disebabkan oleh faktor cuaca. “Beberapa hari sempat mendung, faktor itulah yang membuat ulat-ulat ini berkembang biak,” terangnya.[nng/ted]





Apa Reaksi Anda?

Komentar